Selasa, 26 Februari 2013

Rebo Bontong



Pantai Tanjung Menangis, Ketapang Pringgabaya, Lombok Timur menjadi pusat ritual adat "Rebo Buntung/Bontong dan Tetulaq Tamperan" (Rabu Buntung), Rabu (9/1/2013).

Ritual Rebo Buntung, adalah hari Rabu terakhir dalam bulan Shafar (penanggalan Islam). Pada hari ini, masyarakat setempat merayakannya dengan menyerahkan sesajian berupa hasil alam dan kepala kerbau untuk dilarungkan ke laut lepas,

Melarutkan sebagian dari hasil bumi dan kepala kerbau itu dilakukan sebagai bentuk kesyukuran masyarakat atas hasil yang diperoleh kepada sang pencipta. 

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Lombok Timur, Gufranuddin mengatakan Rebo Buntung menurut keyakinan masyarakat setempat adalah hari Rabu yang akan memberikan keberuntungan dengan menggelar ritual keluar rumah sehari penuh. 

Ia menambahkan, ritual ini digelar dengan beberapa tujuan diantaranya guna melestarikan budaya tradisional sebagai bentuk kekayaan budaya nasional yang kian tergerus globalisasi sebagai akibat semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini.

Menurutnya kegiatan ritual semacam ini juga adalah produk wisaya Lombok Timur. "Kegiatan ini dihajatkan juga sebagai hiburan bagi masyarakat." ujarnya disela-sela perayaan.

Ritual ini juga menjadi salah satu agenda pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) dan menjadi even pertama yang digelar ditahun 2013 ini.  Gufran menambahkan, acara ini dibagi menjadi dua bagian yakni satu minggu sebelum acara inti digelar beberapa kegiatan yaitu lomba tari tradisional, pemilihan terune dedare, lomba nyanyi dangdut dan pacuan kuda.

Sementara itu Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy mengatakan selain ritual adat Rebo Buntung di Lombok Timur ini masih banyak kegiatan dan tempat-tempat bersejarah yang juga harus dijaga kelestariannya seperti Masjid Tua Songa', Kubur Selaparang dan lain sebagainya. 

"Adat bersendi syara', syara' bersendi kitabullah." papar Sukiman. (bud)

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon