Minggu, 02 Desember 2012

ADMINISTRASI SISTEM LINUX


Linux merupakan sistem operasi multiuser yang dilengkapi dengan sekuritas. Untuk masuk ke sistem, seseorang harus tahu terlebih dahulu nama user dan password yang menjadi haknya. Selain password, sekuritas pada linux berupa hak akses terhadap file. Berdasarkan hak akses terhadap file, pemakai dibagi menjadi tiga kelompok. Owner (pemilik atau yang menciptakan file), Group (kelompok sejumlah pemakai, misalnya perdepartemen), Other (semua pemakai diluar group pemilik). Berdasarkan wewenang terhadap keseluruhan sistem, pemakai dibagi menjadi dua superuser (orang yang berhak mengakses sistem sepenuhnya) dan user (pemakai biasa yang wewenangnya terbatas)
Permisi akses terhadap file dan direktori berupa :
-          Read (simbol r)
-          Write (simbol w)
-          Execute (simbol x)
Pada file, Read berarti file dapat dibaca atau dibuka. Pada direktori, Read berarti isi direktori boleh dibuka. Write pada file berarti isi file dapat dimodifikasi, ditambah atau dikurangi. Write pada direktori berarti penciptaan file dapat dilakukan atau suatu file dapat dihapus. Execute pada file berarti file dapat dieksekusi dan pada direktori berarti atribut isi direktori boleh dibaca atau direktori boleh dilakukan sebagai direktori kerja.
Informasi hak akses terhadap direktori atau file dapat diperoleh melalui perintah ls –l.
Contoh:
ls –l /etc/group
ls –ld /etc
Contoh pertama dapat dipakai untuk melihat hak akses terhadap file /etc/group dan contoh kedua untuk melihat hak akses direktori /etc (perhatikan adanya opsi d).
Pada kedua contoh diatas informasi tentang hak akses dapat dibaca pada karakter kedua hingga kesepuluh (ada 9 karakter), sedangkan karakter pertama menunjukkan jenis datanya. Karakter 2 sampai 4 merupakan hak akses bagi Owner, dan karakter 5 sampai 7 menyatakan hak akses bagi Group, dan karakter 8 sampai 10 milik Other. Sebagai contoh, bila kesepuluh karakter tersebut berupa:
d r w x r - - r - -
Maksudnya :
-          Karakter pertama d menunjukkan bahwa data merupakan direktori, sedangkan menunjukkan file biasa dan l menunjukkan link.
-          Karakter 2,3,4 = r w x, menunjukkan Owner memiliki hak akses Read, Write dan Execute.
-          Karakter 5,6,7 = r - - menunjukkan Group memiliki hak Read.
-          Karakter 8,9,10 = r - - menunjukkan Other memiliki hak Read juga.
Sebagai sarana berkomunikasi antar pemakai, Linux menyediakan sejumlah utilitas antara lain mail (surat elektronis), write (menyampaikan informasi secara online ke seorang pemakai), mesg (untuk membuka atau menutup komunikasi) telnet (melakukan komunikasi secara remote/jarak jauh). Utilitas-utilitas ini akan dipraktekkan dalam praktikum.

Praktek

1.      Buatlah user, format perintahnya adduser <nama_user>, misalnya adduser bagoes.
Setelah selesai membuat user, cobalah anda masuk dalam system menggunakan user bagoes yang telah anda buat tersebut.   
2.      Jika sudah berhasil login dengan user bagoes kemudian masuklah dengan login root dan hapuslah user bagoes tersebut dengan perintah userdel –r bagoes, cobalah untuk masuk ke system menggunakan user bagoes lagi, apa yang terjadi ? dan dalam laporan resmi jelaskan fungsi perintah userdel –r bagoes.
3.      Buatlah file kosong bernama kosong dengan menggunakan perintah touch kosong. Setelah itu catatlah hak akses terhadap file tersebut (dengan perintah ls –l kosong). Dalam laporan resmi, berikan keterangan hak apa saja yang dimiliki oleh Owner, Group, dan Other.
4.      Cobalah lihat hak akses yang melekat pada file /etc/group (dengan perintah ls –1 /etc/group). Catatlah hak akses pada file tersebut. Dalam laporan resmi, berikan keterangan hak apa saja yang dimiliki oleh Owner, Group, dan Other.
5.      Cobalah lihat hak akses yang melekat pada direktori /etc (dengan perintah ls –ld /etc). Catatlah hak akses pada direktori tersebut. Dalam laporan resmi, berikan keterangan hak apa saja yang dimiliki Owner, Group, dan Other.
6.      Cobalah untuk menghapus file /etc/group (dengan perintah perintah rm /etc/group). Dalam laporan sementara, jawablah: bisakah file /etc/group dihapus ? dalam laporan resmi, analisislah kenapa hal itu terjadi (didasarkan hasil pengamatan pada praktek nomor 2 dan 3).
7.      Cobalah untuk menyalin file /etc/group ke direktori kerja anda (dengan perintah perintah cp/etc/group). Dalam laporan sementara, jawablah: bisakah file /etc/group disalin (cek dengan perintah: ls –l group)? Dalam laporan resmi, analisislah kenapa hal itu terjadi (didasarkan hasil pengalaman pada praktek nomor 2).
8.      chmod adalah perintah untuk mengubah hak akses suatu file atau direktori.
a.       Catatlah sekali lagi hak akses file kosong yang pernah anda ciptakan dan kemudian cobalah berikan perintah: chmod +x kosong. Kemudian amati lagi hak akses pada file tersebut dan catatlah. Adakah perbedaan dengan hak akses sebelumnya?
b.      Cobalah berikan perintah chmod –x kosong. Kemudian amati lagi hak akses pada file tersebut dan catatlah. Adakah perbedaan dengan hak akses sebelumnya ? simpulkan apa maksud +x dan –x berdasarkan hasil pengamatan.
9.      Sekarang cobalah: chmod +wx kosong dan chmod -wx kosong. Amatilah hak akses sebelum dan sesudah perintah tersebut anda berikan. Simpulkan fungsi +wx dan –wx.
10.  Cobalah perintah: chmod u+w kosong, chmod g+w kosong, chmod o+x kosong. Amatilah hak akses sebelum dan sesudah perintah tersebut anda berikan. Simpulkan kegunaan opsi u, g, dan o.
11.  Buatlah file kosong bernama sekuritas. Amatilah terlebih dulu hak akses pada file tersebut. Kemudian dengan menggunakan chmod (boleh lebih dari satu perintah ), bagaimana caranya agar hak aksesnya berupa: rwxrwxrwx? Laporkan perintah yang anda gunakan.
12.  Cobalah berikan perintah: chmod u-w sekuritas. Kemudian amatilah hak aksesnya. Setelah itu cobalah berikan perintah : date >> sekuritas. Dapatkah hasil perintah date ditambahkan ke sekuritas ? Mengapa (dijawab dalam laporan resmi) ?
13.  Berikanlah perintah rm sekuritas untuk menghapusnya. Dapatkah file sekuritas dihapus ? Mengapa (dijawab dalam laporan resmi)?
14.  id merupakan perintah untuk mengetahui nama user anda dan group anda. Nama user anda akan dinyatakan dengan uid dan group anda dinyatakan dengan gid. Berikan perintah id dan catatlah:
a.       Nomor uid anda dan nama user anda
b.      Nomor gid anda dan nama group anda

 

Petunjuk

Praktekkan langkah-langkah berikut ini hanya kalau lawan komunikasi anda sudah mengerjakan praktek hingga nomor 12. jika belum ini bisa mengganggu rekan anda.
Anda tidak perlu mencatat hasil-hasilnya, tetapi dalam laporan resmi berikan komentar tentang manfaat utilitas-utilitas yang anda praktekkan ini. Satu hal yang perlu anda dokumentasikan dalam laporan adalah contoh cetakan surat elektronis (caranya akan dijelaskan).
15.  write dapat dipakai untuk mengirimkan pesan ke seorang pemakai. Untuk mengetahui siapa saja yang sedang memakai sistem, berikan perintah who. Carilah seorang pemakai yang dapat anda ajak kerjasama kemudian praktekkan !
write nama_pemakai <Enter>
Hello apa kabar ? <Enter>
Mohon berikan informasi kepada saya kalau menerima pesan ini <Enter>
^D  atau tekan <Ctrl + D>
Secara bergantian, mintalah rekan anda yang mengirim pesan di atas.
16.  Praktekkan secara berpasangan dalam waktu bersamaan. Misalnya anda User1 dan lawan komunikasi anda User2.
User1:
Berikan perintah : write user1
User2 :
Berikan perintah : write user 1
Langkah selanjutnya anda bisa berkomunikasi 2 arah sampai anda menekan <Ctrl-D >.
17.  Cobalah pada terminal anda berikan perintah : mesg n
Kemudian mintalah rekan anda mengirim write ke anda dan perhatikan apakah pesan rekan anda sampai ke terminal anda.
Cobalah sekarang berikan perintah : mesg y kemudian sekali lagi mintalah rekan anda mengirim write ke anda dan perhatikan apakah pesan rekan anda sampai ke terminal anda.
Simpulkan fungsi mesg n dan mesg y.
18.  mail merupakan utilitas untuk menyampaikan surat elektronis. Anda dapat mengirimkan suatu surat ke seorang pemakai dengan memberikan perintah sebagai berikut:
mail nama_user <Enter>
…... Ketik subyek(judul pesan), misalnya : Latihan <Enter>
…... Ketik pesannya, bisa beberapa baris
^D  atau tekan <Ctrl + D>
Cobalah mengirim surat ke beberapa rekan anda (nama user dapat dilihat dengan who)
Melihat Mail:
Untuk melihat apakah anda mendapat surat dari rekan anda, ketiklah mail saja dan tekan <Enter>.
Berikut adalah sejumlah perintah yang dapat anda berikan setelah memberikan perintah mail :

<Enter>                            ke pesan selanjutnya
q <Enter>                         keluar dari mail
h <Enter>                         menampilkan daftar surat elektronis
s namafile <Enter>           menyimpan pesan ke suatu file

Untuk menyimpan salah satu surat, berikan perintah s surat dan tekan <Enter>. Lalu dari prompt shell, cetaklah isi file suratnya.
19.  telnet, untuk menjalankan program secara remote (jarak jauh). Cobalah untuk melakukan remote ke komputer serverstudent dengan perintah telnet serverstudent.
Masuklah dengan menggunakan user anda, dan bila sudah masuk maka anda dapat menjalankan perintah-perintah linux dan cobalah beberapa perintah, untuk keluar gunakan perintah exit. Dalam laporan jelaskan fungsinya dan keuntungan menggunakan perintah telnet ini.



Artikel Terkait