Sabtu, 30 November 2013

Cerita soal Ancol, dari mistis sampai tempat hiburan


Ancol hanyalah sebuah kelurahan di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar 18.055 jiwa dan luas 577,28 Ha km2.

Saat ini siapa tak mengenal Ancol. Sebuah kota di pinggiran Jakarta kini disulap menjadi tempat hiburan berkelas. Ancol punya sejarah panjang. Tak sekejap mata mengubah Ancol dari hutan dan rawa menjadi tempat wisata seperti sekarang ini. 

Dalam perjalanannya, Ancol menelurkan banyak cerita. Tidak hanya sekadar tempat hiburan. Dari yang mistis sampai tempat nongkrong anak muda semua ada di sana.

Padahal Ancol dulu adalah kawasan liar yang tak terurus. "Dulu Ancol nggak kaya sekarang rame begini. Dulunya cuma empang, nggak ada apa-apanya. Sepi banget. Masih hutan, makanya sering dibilang tempat jin buang anak," kata Tarmiji (60), warga Ancol saat berbincang dengan merdeka.com beberapa waktu lalu.

Tarmiji menjelaskan kawasan Ancol baru dibangun periode 1960-an. Dia mengingat dulu alat-alat berat merambah hutan kawasan Ancol.

"Waktu saya kecil, masih tahun 60an. Inget ada proyek, segala macam alat berat yang aneh-aneh ada. Ada bule juga. Anak-anak pengen liat tapi ga boleh. Bahaya kata mandornya," beber pria yang sehari-hari berjualan rokok ini.

Hari ini, secara khusus merdeka.com mengupas sisi lain seputar Ancol. Dari cerita mistis, mobil goyang Ancol sampai rencana Pemprov DKI membangun tanggul raksasa di sekitar Ancol. Simak dalam tulisan berikutnya. (Merdeka)

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon