Rabu, 03 April 2013

KOREA UTARA NEGARA PALING TERTUTUP DIDUNIA




Korea Utara adalah negara yang paling tertutup di muka bumi. Kematian pemimpinnya, Kim Jong Ill, disampaikan dua hari setelah meninggal, adalah salah satu contoh ketertutupan negeri ini. Tidak ada yang mengetahui alasan penundaan pengumuman itu.

Saat menyampaikan berita kematian, presenter televisi yang mengenakan baju khas negara itu berurai air mata dan suaranya tersedak.

Reaksi rakyat pun tidak jauh berbeda. Tangisan dan teriakan histeris membahana di seluruh penjuru negeri.

Sejak usia dini rakyat Korea Utara dididik untuk memuja pemimpinnya. Pendiri negara itu Kim Il Sung disebut sebagai Pemimpin Hebat (Great Leader), meninggal tahun 1994. Kim Jong Il disebut sebagai Pemimpin Tersayang (Dear Leader).

Dua wartawan BBC, Sue Lloyd Roberts dan Michael Bristow berkunjung ke Korea Utara pada tahun 2010, menuliskan hasil pengamatannya.

Saat kunjungan ke universitas yang memiliki jurusan bahasa asing, mahasiswanya dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris dengan baik.

"Terima kasih kepada Pemimpin hebat," katanya, seperti dikutip laman beritasatu.com.

"Kami diijinkan menonton film Inggris dan Amerika, seperti The Sound of Music."

Ketika ditanya nama pemimimpin dunia, dengan cepat si mahasiswa berkata,"Stalin dan Mao Zedong!"

Namun mereka tidak pernah mendengar nama Nelson Mandela.

Lebih dari 3000 warga Korea Utara telah melarikan diri, sebagian tiba di negara tetangganya, Korea Selatan, yang mereka anggap sebagai planet lain.

Penduduk Korea Selatan menggunakan telepon seluler untuk membayar belanjaan di supermarket, mempunyai akses Internet yang sangat cepat, jika tersesat di jalan ada kamera yang bisa memfoto dan mengirim pesan ke kawan, minta pertolongan.

Negara ini jauh lebih maju dari Korea Utara, maka semua pendatang dari Korea Utara harus menjalani sekolah khusus selama berbulan-bulan yang diselenggarakan oleh pemerintah agar bisa membaur dengan baik. Pelajaranya, tentang bagaimana hidup di abad 21.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon