Selasa, 16 April 2013

SIMPANG SIUR SOAL MATERIAL BOM BOSTON MARATHON




Dua bom yang meledak pada Boston Marathon, Senin, 15 April 2013, diduga dikemas dalam panci bertekanan tinggi atau pressure cook ukuran enam liter. Kata sumber kepolisian, pelaku diduga memenuhi panci dengan pecahan logam, paku, dan bantalan bola atau gotri. Kemudian, panci dibawa dengan tas ransel hitam.

Bom ini, kata dia, sering digunakan di Afganistan, India, Nepal, dan Pakistan--seperti yang ada dalam laporan Departemen Keamanan Dalam Negeri tahun 2010. Tak cuma itu saja, bom Boston juga dianggap sebagai tragedi terburuk usai serangan 11 September 2001.

"Bom itu berisi bubuk hitam atau mesiu sebagai bahan peledak," ujar si sumber. "Dan informasi tentang pembuatannya ada di Internet."

Pernyataan berbeda muncul dari dokter Ron Walls dari Brigham and Women's Hospital. Kata Walls, puing yang ia keluarkan dari tubuh korban bom Boston tak berbentuk seperti bantalan bola baja atau gotri, melainkan mirip pecahan puing bangunan atau kaca.

"Banyak barang dari jalanan yang melukai pasien," kata Walls di ABC News. "Seperti batu, potongan logam, serpihan kaleng soda, dan segala materi dekat sumber ledakan."

Menurut Walls, benda asing itu awalnya berada di sekitar lokasi peletakan bom. Kemudian terdorong, berterbangan, hingga masuk ke tubuh korban karena dorongan dari ledakan. "Tapi bukan benda yang dengan sengaja dimasukkan ke rangkaian bom."

Di rumah sakit lain, Massachusetts General Hospital, dokter bedah Dr Peter Fagenhotz juga menemukan benda yang sama seperti temuan Walls. "Banyak puing kecil di tubuh korban," kata Fagenhotz.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/04/17/116473950/Simpang-Siur-Soal-Material-Bom-Boston-Marathon

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon