Berawal dari hobi belanja, Riana
Bismarak memberanikan diri terjun ke dunia usaha dengan mengelola situs layanan
jual beli online di internet (e-commerce), yaitu BelowCepek yang bisa
diakses di alamat belowcepek.com.
Kepada VIVAnews, pertengahan
April 2013, Riana mulai membuka situs BelowCepek sejak pertengahan 2011.
Keputusan ini terbilang luar biasa, sebab sebelumnya Riana bekerja sebagai
direktur di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang wahana hiburan dan
olahraga terkenal di Indonesia.
"Saya memutuskan untuk
mengejar passion. Karena saya suka shopping dan makan, kenapa
tidak buka saja usaha online shop yang menjual baju-baju buatan
Indonesia?," ujar Riana.
Sejak memutuskan membuka online
shop, wanita kelahiran 5 Juli 1976 ini mulai sering menawarkan produk
buatannya di Facebook, pameran, dan Multiply. "Ini adalah strategi awal
yang saya lakukan dan ternyata antusias masyarakat luar biasa, karena produk
ini untuk wanita Indonesia," kata Riana.
Di situs belowcepek.com,
Riana memasarkan berbagai produk dalam negeri seperti baju, sepatu, dan tas.
Harga yang ditawarkan pun sengaja dibuat sangat terjangkau, yakni antara Rp19
hingga Rp99 ribu. Selain itu, foto beragam produk yang dipamerkan di situs itu
menggunakan model wanita Indonesia. Menurut Riana, konsep ini bisa menarik
lebih banyak peminat.
"Biasanya kalau online
shop itu modelnya wanita asing yang tingginya 180 cm, kurus-kurus. Kami
beda, karena ingin mengangkat budaya dan wanita Indonesia," tuturnya.
Wanita lulusan sekolah
perhotelan itu juga menjalin kerja sama dengan para perajin home industry
untuk menjaga kualitas produknya.
Tak hanya itu, Riana juga
melakukan riset pasar mengenai harga baju karya desainer muda Indonesia.
Ternyata, rata-rata harganya cukup mahal, mulai dari Rp350-450 ribu. Padahal,
menurut Riana, tidak semua wanita rela mengeluarkan kocek setinggi itu, meski
mereka ingin tampil modis dan fashionable.
"Untuk semua produk saya
menjual murah. Ikat pinggang paling murah Rp19 ribu, baju paling mahal Rp99
ribu," tutur Riana.
Kini, Riana pun optimistis,
belum sampai setahun, bisnisnya berkembang pesat. Penjualan semakin bertambah,
karena memasang iklan di situs pencari, Google.
Saat ini, Riana melanjutkan,
rata-rata per bulan BelowCepek berhasil menjual 500 potong baju melalui iklan
Facebook. Produk yang terjual akan dikirimkan ke alamat pembeli. Riana bahkan
bersedia melayani pengiriman produknya ke Papua.
"Saya ingin menjangkau
seluruh Indonesia, bahkan saya melayani pesanan hingga pedalaman," kata
Riana.
Soal omzet, Riana mengaku, dalam
sebulan berhasil memperoleh rata-rata Rp50 juta. "Itu masih kecil, karena
baru satu tahun jalan," kata Riana.
Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/406529-buka-situs-belanja-online--omzet-puluhan-juta-rupiah
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon