Selasa, 16 April 2013

KORUT RAYAKAN HARU LAHIR KIM IL-SUNG KORSEL WASPADA




Pemerintah Korea Utara merayakan hari lahir pendiri negeri Kim Il-sung hari ini, Senin 15 April 2013. Sementara Korut bersuka cita, Korsel bersikap waspada, bersiaga kalau-kalau negara komunis itu melakukan lagi peluncuran rudalnya.

Diberitakan Reuters, peringatan hari lahir Kim Il-sung yang ke-101 ditandai oleh ziarah pemimpin Korut Kim Jong-un ke mausoleum tempat kakeknya itu dibalsem di Pyongyang. Para tentara Korut berbaris dan memberi hormat di monumen Mansudae, tempat patung besar Kim Il-sung dan Kom Jong-il tegak berdiri.

Jalan-jalan kota Pyongyang juga dihiasi oleh bendera dan banner, pertanda libur nasional. Sementara sehari sebelumnya, telah digelar lomba marathon internasional yang dimulai di stadion Pyongyang, disaksikan oleh ribuan rakyat Korut.

Marathon bertajuk Mangyongdae Prize International Marathon ini diikuti atlet dari beberapa negara, di antaranya Taiwan, Ukraina, Republik Ceko, Zimbabwe, Kenya dan Ethiopia. Sebanyak 600 atlet lokal juga akan mengikuti ajang yang diakui oleh International Association of Athletics Federations.

Sementara itu, Korsel meningkatkan kewaspadaannya di tengah suka cita Korut. Pasalnya yang sudah-sudah, Korut melakukan uji coba rudal untuk memperingati hari lahir Kim Il-sung. Namun, banyak pengamat meragukan Korut melakukan hal itu di tengah pengawasan ketat Korsel dan sekutunya, AS.

"Korut memang tidak diyakini akan meluncurkan rudalnya untuk memperingati Hari Matahari, yang ke-101 hari ini. Tapi militer kami tidak mengendurkan pengawasan mereka terhadap aktivitas militer Korut yang bisa melakukan provokasi kapan saja," kata juru bicara Kementerian Korsel Kim Min-seok.

Kim Il-sung lahir tahun 1912 dan memimpin Korut sejak tahun 1948. Kim Il-sung dijuluki juga sebagai Putra Anak Matahari, itulah sebabnya hari ini disebut Hari Matahari.

Di bawah kepemimpinannya, Korut perang dengan Korsel tahun 1950-1953. Kim senior meninggal pada tahun 1994 dan dilanjutkan oleh putranya, Kim Jong-il.

Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/405268-korut-rayakan-hari-lahir-kim-il-sung--korsel-waspada

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon