Kamis, 11 April 2013

KORUT SIAP SERANG, GUAM TINGKATKAN LEVEL ANCAMAN




Guam meningkatkan level ancaman menyusul adanya kecurigaan Korea Utara (Korut) yang akan meluncurkan uji coba misil. Guam selama ini menjadi target potensial, mengingat pangkalan militer Amerika Serikat (AS).

Dengan adanya uji coba misil Korut yang bisa berlangsung kapanpun, pihak berwenang setempat mengatakan, level kewaspadaan di wilayah itu ditingkatkan menjadi level hijau. Level ini merupakan fase menengah dari sistem peringatan keamanan. Sistem kewaspadaan itu serupa dengan lampu lalu lintas, hijau, kuning dan merah.

"Saat ini level keamanan (kuning) diterapkan sebagai indikasi adanya ancaman dengan risiko menengah terhadap wilayah Guam," ucap pemerintah setempat, seperti dikutip AFP, Kamis (11/4/2013).

"Pemerintah akan terus beroperasi secara normal. Beberapa pemerintahan terus dipersiapkan untuk keadaan darurat," lanjutnya.

Pemerintah Guam juga menyebakan selebaran peringatan kepada warganya yang memaparkan cara memberikan perlindungan kepada keluarga. Gubernur Guam Eddie Calvo mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan jaminan keamanan dari militer AS agar sekira 180 ribu warga Guam terlindungi dengan baik.

Guam berada di sekira 3.380 kilometer (km) sebelah tenggara Korut. Lokasinya secara teori masuk dalam jangkauan rudal Musudan milik Korut, meskipun tidak diketahui apa rudal itu bisa dilengkapi dengan senjata nuklir.

Sumber : http://international.okezone.com/read/2013/04/11/413/789903/korut-siap-serang-guam-tingkatkan-level-ancaman

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon