Myspace
(dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya
bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung
perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media,
kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling
populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace
telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan
April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009.
Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News
Corporation.
Isi Profil MySpace
Moods
Moods adalah emosikon kecil yang digunakan untuk
menggambarkan suasana hati pengguna MySpace. Fitur ini telah ditambahkan pada
MySpace bulan Juli 2007. Pada tahun 2010, fitur moods ini tidak disertakan
secara default dalam update status, tapi bisa digunakan di homepage
sebagai update yang terpisah.
Blurbs,
Blog, Multimedia
Profil dalam MySpace berisi dua
standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan
"Who I'd Like to Meet”. Profil juga memuat bagian "Interests"
dan "Details". Pada bagian "Details", status
dan daftar zodiak selalu ditampilkan kecuali jika anggota tidak mengisinya.
Profil juga berisi blog dengan aspek standar untuk isi, emosi, dan media.
MySpace juga dapat mengunggah gambar. Salah satu gambar dapat dipilih untuk
menjadi gambar default, yaitu gambar yang akan terlihat pada halaman
utama profil, halaman pencarian, dan juga sebagai gambar yang akan muncul di
samping nama pengguna pada komentar, pesan, dan lain-lain. Tersedia pula sebuah
editor foto oleh FotoFlexer yang tidak hanya dapat memotong gambar dan
mengantur kontras, tetapi juga dapat mengubah foto menjadi kartun atau memasang
wajah pengguna dalam foto bergambar uang $100. Seperti pada layanan video
MySpace, flash bisa dimuat. Tersedia pula fitur blogging. Fitur-fitur
ini bisa disimpan di profil dengan menggunakan pengkostumisasi modul atau
menggunakan kode HTML/CSS. Foto bisa ditampilkan di MySpace, tidak dengan link
seperti zaman tahun-tahun sebelumnya. Dan foto-foto dapat dibuat menjadi bentuk
slide show.
Komentar
Di bawah daftar teman pengguna
MySpace terdapat lahan untuk bagian komentar, dimana teman-teman pengguna dapat
meninggalkan komentar yang bisa dibaca oleh siapapun yang membuka profil
pengguna tersebut. Pengguna MySpace memiliki pilihan untuk menghapus komentar
apapun atau mengharuskan semua komentar untuk disetujui sebelum posting.
Jika akun pengguna dihapus, setiap komentar dari pengguna yang ada di profil
lain akan dihapus, dan diganti dengan komentar yang menyatakan "This
Profile No Longer Exists", artinya profil tersebut tidak ada lagi.
Pilihan untuk menggunakan HTML dalam komentar bisa diaktifkan atau
dinonaktifkan.
Profil
Kustomisasi (HTML/CSS)
MySpace memungkinkan pengguna
untuk menyesuaikan halaman profil pengguna dengan memasukkan HTML (tetapi tidak
JavaScript) ke bagian-bagian seperti "About Me", "I'd
Like to Meet", dan "Interests". Video dan konten
berbasis flash bisa dimasukkan dengan cara ini. Pengguna juga memiliki pilihan
untuk menambahkan musik ke halaman profil mereka melalui MySpace Music, sebuah
layanan yang memungkinkan band-band untuk memasang lagu mereka di MySpace.
Seorang pengguna juga dapat
mengubah penampilan umum halamannya dengan memasukkan CSS (dalam elemen
<style> ... </style>) ke salah satu bidang untuk menimpa gaya default
halaman lembar tersebut menggunakan editor MySpace. Hal ini sering digunakan
untuk pemilihan font dan warna. Ada beberapa situs web independen yang
menawarkan fungsi mendesain tata letak MySpace yang memungkinkan pengguna untuk
memilih dan meninjau seperti apa halaman mereka akan terlihat dengan bantuan
desain tersebut. Pada tahun 2008, MySpace meluncurkan Profile 2.0 baru sebagai
generasi berikutnya dari profil MySpace. Profile 2.0 memiliki antarmuka yang
bersih serta kemampuan untuk menyembunyikan atau menampilkan modul profil,
bersama dengan menyesuaikan posisi modul pada profil. Susunan tata letak
Profile 2.0 dirilis di internet secara langsung dalam waktu cepat karena
penggunaan tata letak MySpace klasik tidak bekerja dengan Profile 2.0.
Profile 2.0 dikritik karena
tidak mempertimbangkan hak ketika mencoba untuk menambahkan kustom CSS. Untuk
menambahkan kustom CSS, tema asli akan dibuang dan membuat banyak MySpace tweak
tidak fungsional dalam tata letak Profile 2.0. Pada tahun 2010, MySpace
meninggalkan tata letak Profile 1.0 dan menjadikan Profile 2.0 sebagai fitur
standar profil. Keunggulannya adalah antarmuka yang bersih dan banyaknya tema
yang dikemas dengan customizer, juga dengan membuat tema kustom
menggunakan berbagai parameter pengeditan profil. Aplikasi digunakan untuk dekorasi.
Sementara Profile 2.0 adalah standar tata letak, suatu profil baru mulai
diluncurkan sebagai peningkatan mutu yang bersifat opsional. Profil baru ini
diluncurkan untuk mengikuti tren dari antarmuka profil modern dan memberikan
suatu desain yang lebih dewasa dan sederhana. Profile 3.0 memungkinkan pengguna
menggunakan kustomisasi yang lebih lebih fleksibel dan membangun tema dengan
lebih sederhana, namun tidak jauh berbeda dari antarmuka Profile 2.0.
Musik
Profil MySpace untuk musisi pada
bagian situs web MySpace Music berbeda dari profil normal, profil ini
memungkinkan seniman untuk mengunggah seluruh diskografi mereka yang terdiri
dari lagu-lagu dengan format MP3. Sang pengunggah harus memiliki hak untuk
menggunakan lagu-lagu (misalnya karya mereka sendiri, izin yang diberikan,
dll). Musisi yang tidak berkontrak dapat menggunakan MySpace untuk mengirim dan
menjual musiknya dengan menggunakan SNOCAP, yang telah terbukti populer di
kalangan pengguna MySpace.
Tak lama setelah MySpace dijual kepada Rupert Murdoch, pemilik berita Fox dan 20th Century Fox, pada 2005 mereka meluncurkan label rekaman mereka sendiri, MySpace Records, dalam upaya untuk menemukan bakat yang tidak diketahui saat ini di MySpace Music. Dari artis yang sudah menjadi terkenal atau masih mencari jalan masuk ke industri, seniman dapat mengunggah lagu mereka ke MySpace dan memiliki akses ke jutaan orang setiap hari. Beberapa penyanyi terkenal seperti Lily Allen dan Sean Kingston memperoleh ketenaran melalui MySpace. Ketersediaan musik pada situs web ini terus berkembang, sebagian besar didorong oleh bakat muda. Lebih dari delapan juta seniman telah ditemukan oleh MySpace dan banyak lagi yang akan terus ditemukan setiap harinya. Pada akhir 2007, MySpace meluncurkan situs The MySpace Transmission, yang memuat serangkaian serial mengenai rekaman langsung di studio oleh seniman terkenal.
MySpace, pada tahun 2008, telah mendesain ulang halaman musik dengan menambahkan fitur baru untuk semua musisi. Fitur-fitur baru ini termasuk kemampuan pengguna untuk membuat playlist, menyerupai fungsi Last.fm dan situs musik sosial, bersama dengan ProjectPlaylist yang populer di profil. Fitur musik yang baru ini juga menampung lagu-lagu dari artis populer, menyerupai layanan dari iTunes dan Napster. Pada bulan Maret 2010, mendengarkan lagu penuh dalam hasil pencarian tidak lagi dilakukan dan telah digantikan oleh sampel 30 detik. MySpace Music juga menyarankan lagu-lagu berdasarkan lagu-lagu yang sedang pengguna dengarkan atau lagu-lagu yang pengguna telah cantumkan dalam daftar putar, menjadikannya sebagai alat pendeteksi musik.
MySpace Music juga memperbaharui fitur playlist dan profil artis, bersama dengan fitur saran musik yang lebih baik, menjadikannya salah satu situs musik yang maju di Web. Situs web ini memiliki grafik yang mirip dengan grafik lagu Billboard dan melacak musik paling populer yang disukai oleh pengguna MySpace dari semua genre. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat musik populer di negara-negara lain di dunia, terutama di Eropa dan negara-negara Asia seperti Cina dan Rusia. Hal ini menyokong dan membantu mempromosikan musik internasional di seluruh dunia, sehingga globalisasi dunia musik tercipta lebih mudah dari sebelumnya. Situs web ini juga memungkinkan pengguna untuk menemukan lagu-lagu dan album baru, untuk mendapatkan ujung tombak musik baru.
Kritik Sosial dan Budaya
Dave Itzkoff, dalam Playboy
(majalah) Juni 2006, mencoba memaparkan pengalamannya dengan keanggotaan beliau
di MySpace. Dia mengindikasikan bahwa duplikasi desain sentral MySpace
dilakukan untuk menyatukan orang-orang. Salah satu di antara beberapa kritiknya
berkaitan dengan jarak yang dapat dijangkau internet memberikan keberanian bagi
pengguna, contohnya bagi pengguna wanita yang menampilkan foto dirinya dengan
pakaian minim pada halaman profilnya atau bersikap dan berperilaku tidak
seperti yang akan mereka lakukan dalam kehidupan nyata.
Itzkoff juga berpendapat tentang
sifat adiktif, bahwa situs ini memakan waktu penggunanya. MySpace memberikan
akses banyak orang kepada kehidupan anggota, tanpa memberikan waktu yang dibutuhkan
untuk mengelola hubungan tersebut dan bahwa relasi tersebut tidak memiliki
kedalaman hubungan.
Itzkoff mengkritisi permohonan
komersial dengan cara yang lebih halus di situs, seperti spanduk web dan link
ke profil dan video klip yang berubah menjadi, misalnya, iklan untuk keluaran
baru 20th Century Fox film. Ia juga mengamati bahwa bagian musik yang sangat
didukung dan diapresiasi oleh MySpace lebih berat kepada keinginan label perusahaan
rekaman, bukan musisi terobosan.
Dalam kritik yang sehubungan
dari seorang yang disebut 'Judas' oleh Itzkoff, dia mengilustrasikan bahwa saat
tujuan “untuk menghubungkan dan menyatukan orang-orang yang mungkin tidak
bergaul dengan satu sama lain dalam kehidupan nyata” mungkin tampak mulia,
MySpace melanggar kontrak sosial, sehingga ia menilai bahwa MySpace tidak lebih
dari situs iseng belaka.
Hak Musisi dan Perjanjian Persyaratan Pengguna MySpace
Sampai dengan Juni 2006, ada
perhatian dari para musisi, seniman, dan band di MySpace seperti penulis lagu
Billy Bragg mengenai fine print dalam perjanjian pengguna yang berbunyi,
"Anda dengan ini memberikan kepada MySpace.com sebuah lisensi yang berlaku
di seluruh dunia (dengan hak untuk mensublisensikan dengan tingkat sublisensi
yang tidak terbatas) yang bersifat non-eksklusif, dan bebas royalti untuk
menggunakan, menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, menampilkan
dan menyajikan kepada umum, menyimpan, memperbanyak, mentransmisikan, dan
menyebarluaskan konten tersebut pada dan melalui Layanan. "
Fine print ini membawa
kekhawatiran tertentu sebagai perjanjian yang dibuat oleh Murdoch's News
Corporation. Billy Bragg membawa masalah ini ke media dan menarik perhatian
pada minggu pertama di bulan Juni 2006. Jeff Berman, seorang juru bicara
MySpace cepat menanggapi isu ini dengan mengatakan, "Karena kelegalan
tersebut telah menimbulkan kebingungan, kami sedang bekerja merevisinya untuk
membuat kejelasan bahwa MySpace tidak mencari izin untuk melakukan hal-hal
berkaitan dengan hasil kerja seorang seniman selain memungkinkannya untuk
dibagikan dengan cara yang seniman kehendaki.”
Pada 27 Juni 2006, MySpace telah
mengubah perjanjian pengguna tersebut menjadi "MySpace.com tidak mengklaim
hak kepemilikan dalam teks, file, gambar, foto, suara, video dan video karya musik,
karya kepengarangan, ataupun materi lain (secara kolektif, Content) yang
Anda posting dengan Layanan MySpace. Setelah posting konten Anda
ke Layanan MySpace, Anda dapat terus mempertahankan semua hak kepemilikan dalam
materi tersebut, dan Anda terus memiliki hak untuk menggunakan konten Anda
dengan cara apapun yang Anda pilih.”
Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/MySpace
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon