Rabu, 24 April 2013

TIBA DI KORSEL, JOHN KERRY DIMINTA BUJUK CHINA KENDALIKAN KORUT




Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry tiba di Korea Selatan, Jumat (12/4). Sebagai awal dari kunjungan pertamanya ke Asia, Kerry diharapkan dapat membujuk Cina untuk lebih mengendalikan Korea Utara terkait ancaman perang nuklir.

Kunjungan selama tiga hari ini juga termasuk pembicaraan di Beijing dan Tokyo. Apa yang dilakukan Kerry ini disebut para analis sebagai kunjungan memberi pemahaman kepada Korut.

Pejabat tinggi AS yang mendampingi Kerry mengatakan, Cina memegang peranan penting terkait krisis semenanjung Korea yang pada beberapa waktu belakangan terus bereskalasi. Ini terjadi sejak negara pimpinan Kim Jong-Un itu menguji coba senjata nuklirnya pada Februari.
"Cina memiliki andil penting dalam stabilitas, dan langkah Korut yang mengujicobakan senjata rudal nuklirnya merupakan musuh dari stabilitas," ujarnya. Kedatangan Kerry juga seperti ingin menjawab laporan intelejen AS yang menyebutkan Pyongyang (Korut) telah menyiapakan senjata rudal nuklir.

Kerry dijadwalkan untuk mendapat penjelasan dari tangan pertama terkait krisis semenanjung Korea, yakni perwira tinggi militer AS di Korea Selatan. Menyusul pertemuan dengan Presiden baru Korea Selatan Park Geun-Hye dan Menteri Luar Negeri Yun Byung-Se.

Korea Selatan dan angkatan bersenjata Amerika Serikat saat ini sedang bersiaga penuh menyusul ancaman senjata rudal nuklir Korea Utara, demikian AFP.

Sumber :
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/04/12/ml5cyy-tiba-di-korsel-john-kerry-diminta-bujuk-cina-kendalikan-korut

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon