Rabu, 29 Mei 2013

Foto penguburan Bin Ladin bakal dilansir


Pengadilan federal di Ibu Kota Washington D.C, Amerika Serikat, kemarin mempertimbangkan untuk menunjukkan foto-foto kematian dan saat pemakaman pemimpin jaringan Al-Qaidah Usamah Bin Ladin di laut.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan Jumat (11/1), pemerintah Amerika menyatakan foto-foto itu masih berbahaya dan tidak layak dipublikasikan lantaran dapat menimbulkan kekerasan terhadap warga Amerika. "Foto-foto itu dapat digunakan untuk memicu ketegangan dan menginspirasi serangan balasan," kata Jaksa Departemen Kehakiman, Robert Loeb.

Namun, kelompok pengamat peradilan akan mengajukan banding atas putusan pengadilan itu. Mereka menyebut pemerintah Amerika punya 52 foto dan rekaman saat penyergapan Usamah Bin Ladin di Kota Abbottabad, Pakistan, serta pemakamannya di sebelah utara Laut Arab.

Pengamat peradilan kemarin juga berpendapat, Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA) tidak mengerti, aturan untuk mempublikasikan foto-foto itu diatur dalam Undang-undang Kebebasan Informasi. Aturan itu memberikan hak kepada warga Amerika untuk mengajukan pembukaan dokumen belum pernah diungkap pemerintah.

"Pemerintah telah gagal memberikan bukti 52 foto mayat Usamah Bin Ladin," kata pengamat peradilan Michael Bekesha. "Pemerintah juga gagal untuk menghargai adanya pertentangan terkait foto-foto itu."

Bekesha mengatakan keinginan pihaknya agar pemerintah mempublikasikan foto itu bukan lantaran ingin melihat gambar-gambar mengerikan dan menakutkan. Namun, dia menyebut, permintaan itu untuk melihat suasana pemakaman Bin Laden di laut apakah semena-mena atau tidak.

Pemimpin pengadilan Hakim Judith Rogers dan Hakim Merrick Garland juga memperlihatkan kekhawatirannya terkait masalah publikasi foto Usamah itu. Menurut mereka, foto-foto itu hanya akan menyebabkan lebih banyak lagi serangan kepada warga Amerika seperti terjadi di Kedutaan Besar Amerika di Libya tahun lalu dan menyebabkan empat orang meninggal termasuk duta besar Amerika John Christopher Stevens.

Meski pemerintah Amerika pernah merilis gambar-gambar otopsi anak Saddam Hussein, Qusay dan Uday, namun baik pemerintah dan hakim peradilan meyakini reaksi terhadap foto Usamah Bin Ladin akan berbeda. Gedung Putih sudah lama mengatakan tidak akan mempublikasikan foto Bin Ladin itu.

Sumber :
http://www.merdeka.com/dunia/foto-penguburan-bin-ladin-bakal-dilansir.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon