Rabu, 29 Mei 2013

Vaksin Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut Ditemukan


Vaksin pertama yang akan melindungi anak-anak dari penyakit tangan, kaki, dan mulut telah ditemukan ilmuwan Cina. Inveksi virus tersebut menyebabkan ruam dan melepuh bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan infeksi otak.

Sebuah percobaan yang melibatkan 10 ribu anak menunjukkan vaksin 90 persen efektif terhadap satu virus yang menyebabkan penyakit tersebut. Namun, vaksin tersebut tidak melindungi dari virus lain.

Virus dapat menyebabkan wabah di tangah, kaki, dan mulut. Pada 2009, ada wabah di Cina yang menginfeksi 1,2 juta orang. Hampir 14 ribu orang mengalami komplikasi parah dan 353 orang meninggal.

Tim peneliti di provinsi Jiangsu dan Beijing menguji vaksin yang terbuat dari Enterovirus nonaktif 71 (EV71). Vaksin diberikan kepada anak-anak berusia antara enam dan 35 bulan. "Infeksi EV71 menjadi perhatian khusus karena dapat menyebabkan penyakit parah dan bahkan kematian pada anak-anak. Vaksin EV71 bisa membantu mencegahnya," ujar peneliti dilansir BBC.

Penyakit tangan, kaki, dan mulut disebabkan banyak virus lain seperti Coxsackievirus 16 dan bahkan jenis lain EV71 sehingga vaksin ini tidak bisa benar-benar menghilangkan penyakit. "Vaksin EV71 mungkin akan mengurangi kejadian penyakit, " ujarnya.
 
Sumber :
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/05/29/mnjytr-vaksin-penyakit-tangan-kaki-dan-mulut-ditemukan

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon