Minggu, 28 Juli 2013

Hatta: Saya konsentrasi ekonomi dulu, tak mikir capres

Hatta Rajasa.
Kans Hatta Rajasa menang dalam Pemilihan Presiden 2014 sangat besar bila bersanding dengan Prabowo Subianto. Prabowo sebagai capres dan Hatta sebagai cawapresnya.

Hal itu terlihat dalam survei internal yang dilakukan oleh PDIP. Jika keduanya berduet, maka akan memperoleh dukungan 35,2 persen.

Hatta sendiri masih dingin menanggapi hasil survei internal PDIP tersebut. "Saya masih konsen masalah ekonomi saja dulu. Nanti itu entar saja," kata Hatta kepada merdeka.com, Sabtu (27/7).

Hatta yakin, pada Pilpres 2014 nanti akan banyak persaingan. Ia tidak takut jika muncul banyak kandidat presiden.

"Siapapun nantinya kan kalau semakin banyak semakin baik," ucapnya.

Survei internal PDIP sebelumnya menguji empat skenario buat Jokowi menghadapi pemilihan presiden tahun depan. Jajak pendapat digelar 3-15 Mei lalu ini melibatkan 1.500 responden di 33 provinsi. Survei berjudul Trajektori Politik 2014.

Skenario pertama, PDIP menyorongkan ketua umum Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden berpasangan dengan Jusuf Kalla. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa menang dengan raihan dukungan 35,2 persen. Sedangkan Megawati-Kalla meraup 25,3 persen, disusul Aburizal Bakrie -Mahfud dengan 18,3 persen.

Menurut skenario kedua, Jokowi maju berduet dengan Pramono Edhi Wibowo, adik ipar presiden. Hasilnya memuaskan. Pasangan ini unggul setelah meraup 34,0 persen dukungan, disusul Prabowo-Hatta (30,0 persen), dan Aburizal-Mahfud (16,3 persen).

Survei juga menjajal posisi Jokowi sebagai kandidat wakil presiden. Hasilnya jeblok meski dia dipasangkan dengan Megawati. Pasangan Prabowo-Hatta menang dengan sokongan 33,4 persen, dibuntuti Megawati- Jokowi (29,9 persen), dan Aburizal-Mahfud (17,3 persen). Perolehan tidak menyenangkan juga terjadi kalau Jokowi menjadi wakil dari Puan Maharani.

Skenario lain adalah Jokowi keluar dari PDIP dan bertarung melawan Megawati. Dia dipasangkan dengan Pramono Edhi Wibowo. Pasangan ini unggul dengan 36,1 persen suara, disusul Prabowo-Hatta (30,5 persen), dan Megawati- Jusuf Kalla (15,2 persen).

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon