Selasa, 30 Juli 2013

H-2, Puncak Arus Mudik Terminal Bus Tanjung Priok

Seorang petugas melintas di depan bus AKAP jurusan Garut - Lebak Bulus yang menunggu penumpang di Terminal Lebak Bulus, Jakarta (22/7). Larangan kenaikan tarif karena sebelumnya tarif sudah menyesuaikan harga BBM yang naik beberapa saat yang lalu.
Ditunjuk sebagai terminal bantuan arus mudik lebaran, Kepala Regu Terminal Bus Tanjung Priok, Hilmansyah, mengatakan puncak arus mudik di terminal ini akan terjadi pada H-2 lebaran. "Namun, sudah dari H-7 lebaran terminal ini sudah akan mulai mengangkut penumpang yang akan mudik," kata dia kepada Tempo ketika ditemui di kantornya hari ini, Selasa, 23 Juli 2013.
Prediksi ini dilontarkan mengingat kejadian yang sama pada dua tahun sebelumnya, yakni puncak arus mudik terjadi pada H-2. Menurut Hilman, 2012 lalu saja terdapat 4.679 pemudik yang berangkat ke kampung halamannya dari terminal tersebut pada H-2 lebaran.

Pihak Terminal Bus Tanjung Priok memprediksi akan ada lonjakan penumpang sebesar 10 persen dibandingkan tahun lalu.Maka itu, menurut Hilmansyah, pihaknya sudah dari jauh hari mempersiapkan terminal dan berkoordinasi kepada perusahaan jasa angkutan bus yang akan digunakan.

Hilmasnyah juga menyatakan, pihaknya akan menyiapkan 160-175 bus angkutan kota angkutan provinsi (AKAP) yang akan mengangkut calon penumpang yang akan melakukan mudik ke tiap-tiap kampung halaman mereka.

Sejumlah 60 persen dari jumlah bus keseluruhan akan melayani perjalanan jarak dekat, seperti Karawang, Bekasi, dan Bogor. Sementara, 30 persen bus akan melayani jarak menengah, seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan 10 persennya akan melayani jarak jauh, seperti Madura.

Menurut data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemprov DKI Jakarta tahun 2013, tahun lalu terdapat 33.184 orang yang berangkat mudik menggunakan bus dari seluruh terminal di Jakarta. Pemprov DKI memprediksi akan ada lonjakan penumpang bus sebesar 7,26 persen.

Sesuai pengamatan Tempo di terminal tersebut hari ini, belum ada kegiatan yang menunjukkan terkait arus mudik lebaran. Jumlah bus yang ada masih sama dengan hari-hari biasanya.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon