Minggu, 28 Juli 2013

Polisi tangkap 21 imigran gelap di Sukabumi

Kapal imigran gelap.
Polres Sukabumi gagalkan rencana 21 imigran gelap yang akan menyeberang ke Pulau Christmas, Australia melalui perairan Sukabumi. Puluhan imigran itu ditangkap di Kampung Jaringao, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Awalnya, warga setempat curiga banyak warga asing berkeliaran di pesisir pantai. Warga yang curiga kemudian melapor ke Polsek Ciracap.

"Mereka kami amankan dan langsung dibawa ke Kantor Imigrasi Sukabumi di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi untuk ditindaklanjuti ke depannya," ujar Kepala Polsek Ciracap, AKP Sunarto seperti yang dikutip Antara, Minggu (28/7).

Sunarto mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi ke 21 imigran gelap itu ke Kantor Imigrasi kelas II B Sukabumi. Diketahui, pesisir pantai selatan Sukabumi memang sering disinggahi oleh para imigran gelap dari berbagai negara seperti Iran, Irak, Afganistan, Srilangka. Mereka tengah mencari suaka ke Australia.

Hal itu dibenarkan Kepala Sub Penindakan Kantor Imigrasi Kelas IIB Sukabumi, Irfan Supari Somantri. Menurut Irfan, kasus ini sering terjadi tak terhitung lagi jumlahnya. Pihaknya pun meminta bantuan kepada polisi setempat untuk memperketat penjagaan di wilayah perairan laut Sukabumi.

"Untuk antisipasi kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memperketat wilayah perairan laut Sukabumi agar kasus seperti ini bisa digagalkan," kata Irfan.

Sebelumnya, anggota Polres Sukabumi berhasil menggagalkan 17 imigran gelap berkebangsaan Afghanistan di Jalan Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

"Diduga para imigran gelap ini berangkat dari Cisarua, Bogor menuju Sukabumi pada malam hari, namun karena warga melihat dan mencurigai mereka akhirnya mereka berhasil ditangkap gagal menyeberang," ujarnya.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon