Selasa, 30 Juli 2013

Kemenhub Siap Angkut Sepeda Motor Pemudik Pakai Kereta Api

Kemenhub Siap Angkut Sepeda Motor Pemudik Pakai Kereta Api
Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk pertama kalinya mengadakan program mudik gratis angkutan sepeda motor dengan menggunakan moda transportasi kereta api.
 
Melalui program subsidi, angkutan sepeda motor diangkut dengan kereta api dengan kuota yaitu untuk arus mudik 2.400 sepeda motor dan untuk arus balik 2.400 sepeda motor.

Tujuan subsidi angkutan sepeda motor pada masa angkutan lebaran tahun 2013 ini, yaitu dalam upaya pemerintah mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh pemudik dengan menggunakan sepeda motor, serta dalam upaya Pemerintah untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya pada masa angkutan lebaran tahun 2013 ini.

Muhartono, Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, mengatakan pelaksanaan pengangkutan arus mudik sepeda motor dengan kereta api pada masa angkutan lebaran tahun 2013/1434 H akan dilaksanakan pada 3 Agustus-6 Agustus 2013.

Dengan empat lokasi pemberangkatan, yaitu: Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Karawang, Stasiun Cikarang dan Stasiun Cikampek.

Pemilihan empat lokasi pemberangkatan tersebut untuk memudahkan masyarakat Jakarta, Bekasi, Karawang serta Cikampek yang akan memanfaatkan program pemerintah mudik gratis pengangkutan sepeda motor dengan menggunakan kereta api.

Adapun lintas pelayanan untuk arus mudik yang melalui lintas utara lokasi pemberangkatan yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Karawang, Stasiun Cikarang dan Stasiun Cikampek berhenti di yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Tegal dan stasiun Semarang Poncol. Sedangkan untuk lintas Selatan berhenti di Stasiun Kutoarjo, Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Jebres.

Sedangkan untuk arus balik akan dilaksanakan mulai 11 Agustus-14 Agustus 2013 dengan lokasi pemberangkatan Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon sedangkan untuk lintas selatan lokasi pemberangkatan dari Stasiun Solo Jebres, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo.

Untuk arus balik baik untuk lintas utara mapun selatan akan berhenti di Staiun Cikampek, Karawang, Cikarang dan Jakarta Gudang.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program Pemerintah mudik dan balik gratis angkutan sepeda motor dengan menggunakan kereta api dapat mendaftar lansung ke lokasi pendaftaran di Kantor Kementerian Perhubungan Jalan Merdeka Barat no 8 Jakarta Pusat lantai dasar gedung Cipta mulai 17 Juli-2 Agustus 2013 pukul 08.30 s.d 15.00 WIB.

Mudik gratis sepeda motor dengan kereta api dipersyaratkan bagi Keluarga yang memiliki tiket keberangkatan mudik dan tiket kepulangan balik yang sama yang tertera pada tiket.

Adapun sepeda motor yang diangkut harus memenuhi persyaratan antara lain : tidak boleh ada modifikasi/aksesori tambahan; kaca spion wajib dilepas(dibawa pemilik); jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilik; harus ada penyangga/standar tengah; harus ada pegangan belakang; ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik; tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang; bensin sepeda motor sewaktu diangkut harus dalam keadaan kosong/kering; kunci sepeda motor diserahkan kepada petugas ekspedisi; dan menunjukkan STNK Asli.

Pengguna jasa mudik sepeda motor gratis pada Loket Pengiriman diwajibkan melakukan proses administrasi dan melengkapi berkas berupa : fotocopi KTP, fotocopi STNK, Nama dan Stasiun yang dituju. Kemudian pengguna jasa mudik sepeda motor gratis pada saat pengambilan motor di stasiun tujuan diminta untuk menunjukkan bukti administrasi tersebut.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon