Senin, 18 Maret 2013

SMARTPHONES WAR 2013




Bagi para penggemar gadget, pasti tidak asing dengan istilah high-end, middle-end, dan low-end. Ya, ketiga istilah ini adalah sebutan untuk spesifikasi gadget berdasarkan hardware, teknologi, dan fitur yang ditawarkan. Otomatis, ketiga istilah di atas juga sangat berpengaruh kepada harga. Di akhir tahun 2012 dan awal tahun 2013 ini, berbagai vendor smartphone berlomba untuk merilis berbagai macam smartphones dengan fitur dan model yang menggiurkan. Saya akan mencoba mengulas beberapa smartphones di kelas high-end.

Nokia Lumia 920
Pada tanggal 4 Desember 2012 lalu, Nokia Indonesia meluncurkan Nokia Lumia 920. Smartphones dengan sistem operasi Windows Phone 8 ini merupakan handset tercanggih dalam keluarga Lumia. Disebut-sebut sebagai "one of the most innovative smartphones ever created", Lumia 920 menawarkan 4 pilihan warna: kuning, merah, putih dan hitam. Yang paling menarik, smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G/LTE dan teknologi wireless charging-nya. Pengguna Nokia Lumia 920 bisa mengisi daya tanpa menancapkan charger ke steker, cukup letakkan smartphone ini di dekat pengisi daya nirkabel.

Jaringan: support 2G(GPRS), 3G(HSDPA,HSDPU), 4G(LTE)
Layar: 4,5inch Screen with Corning Gorilla Glass 2(PureMotion HD+ ClearBlack display)
Memori: Internal 32 GB Storage, 1 GB RAM.
Kamera: 8 MP, Carl Zeiss optics, optical image stabilization, autofocus, dual-LED flash
PureView technology, geo-tagging, touch focus, and 1.3 MP Secondary Camera
Prosesor: SnapDragon S4 Processor, Dual-core 1.5 GHz
OS: Windows Phone 8
Harga: Rp6.450.000,00-Rp6.600.000,00



Kelebihan:
Kualitas kamera dan video yang sangat bagus di kelasnya, mendukung HD, dan bagus pada saat low-light. Prosesor yang cepat memungkinkan multitasking tanpa delay, irit daya dan layar Corning Gorilla Glass 2 yang akan melindungi layar dari goresan, kuat dan meningkatkan touch-sensitivity. Selain itu, aplikasi gratis yang cukup banyak di Marketplace. Cocok sekali bagi pengguna yang suka berfoto ria dan bermain game.

Kekurangan:
Tidak ada external memory. Untuk bisa menggunakan wireless charging, kita harus membeli alat tambahan.

iPhone 5
Dipasarkan di Indonesia pada tanggal 14 Desember 2012, iPhone 5 merupakan smartphone yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Ini karena iPhone 5 memberikan segala fitur yang kita inginkan yang tidak kita dapatkan dari iPhone 4S.

Jaringan: Support 2G(GPRS),3G(HSDPA,HSDPU),4G(LTE) Network
Layar: 4 Inch Retina Display Screen with Corning Gorilla Glass and Fingerprint-resistant oleophobic coating on front
Memori: Internal 16, 32, 64 GB Storage, 1 GB RAM
Kamera: 8-megapixel iSight camera, autofocus, LED flash, Simultaneous HD video and image recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR, and 1.2 MP Secondary Camera
Prosesor: Apple A6, Dual-core 1.2 GHz
OS: iOS 6, upgradable to iOS 6.1
Harga: Rp7.400.000,00-Rp10.500.000,00



Kelebihan:
Layar dan kualitas gambar yang sangat jernih karena menggunakan teknologi retina display, prosesor yang lebih cepat, teknologi wireless yang lebih cepat, layar lebih lebar, dan design yang lebih tipis serta ringan.

Kekurangan:
Aplikasi Apple maps yang tidak akurat, lebar layar yang masih kalah dengan smartphones android/windows, tampilan menu yang masih sama dengan iPhone 4S.

Blackberry Z10
BlackBerry Z10 secara komersil diluncurkan pada tanggal 15 Maret 2013 di Indonesia, tersedia dalam warna hitam dan putih. Blackberry dengan OS terbaru, OS Blackberry 10, menyajikan tampilan yang sangat berbeda dari handset BlackBerry sebelumnya. Layar full touchscreen dengan koreksi otomatis kontekstual, prediksi kata berikutnya, dan mesin pembelajaran yang disesuaikan yang mengenali cara mengetik.

Jaringan: Support 2G(GPRS),3G(HSPA+), 4G(LTE)  Network
Layar: 4.2 Inch Screen
Memori: microSD, up to 64 GB, Internal: 16 GB storage, 2 GB RAM
Kamera: 8-megapixel camera, autofocus, LED flash, geo-tagging, face detection, image stabilization, and 2 MP Secondary Camera.
Prosesor: SnapDragon S4 Processor, Dual-core 1.5 GHz
OS: BlackBerry 10 OS
Harga: Rp6.800.000,00-Rp8.000.000,00



Kelebihan:
Ada pilihan external memory, Sistem Operasi yang seluruhnya baru, navigasi berbasis gesture, prosesor yang sangat cepat, Blackberry Hub yang sangat memudahkan karena semua yang kita butuhkan ada di satu tempat, dan keyboard touchscreen yang sangat mudah digunakan dapat memisahkan data pekerjaan dan data pribadi.

Kekurangan:
Kapasitas baterai yang masih kurang jika dibandingkan dengan pesaingnya, beberapa aplikasi baru masih belum berjalan dengan baik.

Samsung Galaxy S4
Kakak dari Samsung Galaxy S3 ini mungkin adalah smartphone android terbaik di dunia saat ini. Pertama kali diperlihatkan ke khalayak dunia pada tanggal 15 Maret 2013 dan baru akan dirilis tanggal 26 April 2013 nanti (di Indonesia belum pasti). Dari segi design, S4 seolah memadukan Galaxy Note 2 dan S3, sangat tipis dan ringan mengingat semua perangkat dan fitur yang ada di dalamnya. Tersedia dalam warna putih White Frost dan hitam Black Mist.

Jaringan: Support 2G(GPRS),3G(HSDPA), 4G(LTE) network
Layar: 5-inch Full HD Super AMOLED
Memori: External : microSD, up to 64 GB, Internal: 16 GB storage, 2 GB RAM
Kamera: 13-megapixel camera, autofocus, LED flash, geo-tagging, face detection, image stabilization, and 2 MP Secondary Camera.
Prosesor: SnapDragon S4 Processor,Quad-core 1.9 GHz
OS: Android  4.2.2 Jelly Bean
Harga: Rp8.000.000,00-Rp9.000.000,00



Kelebihan:
Pilihan untuk external memory, Sistem Operasi terbaru dari keluarga Jelly Bean, layar dan resolusi yang lebih baik dari iPhone 5, sangat tajam, full HD, dan prosesornya merupakan yang tercanggih dan tercepat (Quad-core 1.9 Ghz), teknologi WiFi terbaru 5G WiFi, kamera 13megapixel-nya mengalahkan kamera 8-megapixel Galaxy S3 dengan telak, fitur dual-shot yang memungkinkan Anda memakai kedua kamera (depan-belakang) secara bersamaan untuk merekam dan capture gambar, dan banyak aplikasi baru lainnya yang tidak kalah canggih.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon