Senin, 18 Maret 2013

TOP 10 SMARTPHONES 2011




Ramalan futurist gadget mengatakan bahwa di tahun 2012, penjualan smartphone untuk pertama kalinya akan melampaui penjualan desktop! Bagi Urbanesian yang dinamis, bermobilisasi tinggi serta senantiasa membutuhkan konektivitas, smartphone mungkin menjadi sebuah kebutuhan tersendiri.

Smartphone memang memiliki spesifikasi di atas mobile phone biasa. Dengan tersedianya akses Internet instan, fitur push e-mail,  serta apikasi-aplikasi lain yang dapat ditambahkan, smartphone telah menjadi sahabat setia penggunanya untuk menjalankan aktivitas.


Sebelum membeli sebuah smartphone, ada beberapa panduan yang perlu dicermati. Operating System (OS) apa yang dimiliki oleh smartphone pilihan? Android kah, Apple Ios, Symbian atau BlackBerry OS? Kemudian keypad apa yang paling melengkapi kebutuhan Anda? Physical keypad QWERTY umumnya diminati untuk penggunaan SMS dan e-mail yang frekuentif. Sementara, virtual keypad sering dijumpai pada smartphone dengan touchscreen, yang hadir dalam desain slimline yang fleksibel. Ada pula smartphone yang memiliki virtual keypad sekaligus slide out qwerty keyboard. Yang tak kalah penting adalah membuat pertimbangan kapasitas memori yang dimiliki.

Smartphone apakah yang memiliki spesifikasi terunggul di tahun 2011 ini?
1.      Apple iPhone 4
Dengan performance dan desain yang ditingkatkan, iPhone 4 disebut sebagai smartphone terdepan di tahun 2011. Melalui Apple iOS4-nya, smartphone ini dapat menambahkan lebih dari 300.000 aplikasi baru serta melakukan multitasking. Fitur kameranya terdiri dari kamera depan (VGA) dan belakang (5MP). Utilitas smartphone ini juga dilengkapi dengan iBooks, A-GPS, maps, dan digital compass.

Tak perlu khawatir pada usia baterai karena kemampuan hidup baterai telah ditingkatkan 40%. Yang menjadi kekhususan smartphone ini adalah retina display dan kualitas video calling­ yang mengagumkan. Dapatkan best-buy iPhone 4 16 GB di retailer resmi Apple seperti iBox atau EMAX seharga Rp 7.260.000. Retailer di pusat elektronik seperti Roxy Square, ITC Roxy Mas pun menjual iPhone 4 16 GB full application dengan harga mulai dari Rp 8.150.000. (Lihat list lokasi beli smartphone di akhir artikel)

2.      Motorola Droid X
Keunggulan utama Motora Droid X tentulah kemampuannya menjadi sebuah mobile hotspot! Secara umum, Motorola Droid X memiliki fitur yang mirip dengan iPhone 4, mulai dari aplikasi multimedia hingga fitur kameranya. Smartphone ini pun mengandalkan touch screen ­4-3 inch dan membuat HD video dengan kualitas tinggi.


Karena bisa digunakan sebagai mobile hotspot, Droid X dapat menerima konektivitas Wi-Fi yang digunakan oleh smartphone lain. Anda akan memerlukan Mobile Broadband untuk fitur tersebut. Sayangnya, masih jarang distributor Motorola di pasar elektronik lokal sehingga smartphone ini sulit ditemui di pusat-pusat elektronik seperti ITC Kuningan, ITC Cempaka Mas, maupun ITC Roxy Mas.

3.      LG Quantum 


LG Quantum adalah smartphone yang hadir dengan desain touchscreen dan menggunakan OS Windows Phone 7.  Untuk menandingi smartphone lainnya, LG Quantum memperkaya fiturnya tak hanya dengan virtual keyboard di touchscreen tapi juga lide-out QWERTY keyboard. Keunggulan OS Windows Phone 7 yang dimiliki adalah kamera 5MP dengan 5x zoom, LED flash dan kualitas perekaman video 720p.

4.      Blackberry Torch 9800
Utilitas smartphone BlackBerry sangat lekat dengan kebutuhan multitasking yang berorientasi pada tugas-tugas bisnis. Hadir dengan BlackBerry OS 6, kemampuan multitasking Blackberry Torch 9800 semakin membaik. Dari segi desain, smartphone ini memiliki 3.2-inch touchscreen, touchscreen keyboard, slide-out QWERTY keyboard, serta trackpad yang membuat navigasi menjadi simpel. BlackBerry Torch 9800 juga memiliki fitur pinch-to-zoom sehingga Anda dapat melakukan zoom in maupun zoom out display dengan menekan touchscreen Anda.


Smartphone ini cukup digemari dan dapat dibeli seharga Rp 5.000.000 di ITC Kuningan hingga Rp. 6.100.000 di ITC Cempaka Mas. Pastikan Anda melakukan survey sebelum membeli smartphone di pusat elektronik, tak jarang kios handphone tersebut memberikan potongan harga yang tinggi.

5.      HTC Desire
Handset ini relatif lebih berat (135g) dan tebal (11.9mm) dari smartphone kompetitor. Namun dengan bentuk curve edge-nya, HTC Desire akan lebih nyaman untuk digenggam pengguna. Display layar selebar 3.7-inch  dengan resolusi 480 x 800 pixel-nya pun dapat memuaskan kebutuhan multimedia dan Internet di dalam smartphone Anda.



Salah satu fitur sophisticated dari HTC Desire adalah kemampuan Leap View yang dimilikinya! Leap View adalah fitur yang dirancang untuk melihat screen-screen aktif (misal: browser, phonebook) tanpa perlu menutupnya.  Dengan Leap View, kita akan lebih mudah menjelajahi interface dari smartphone ini.  Fitur e-mail memberikan pilihan akun dari Gmail, POP3/IMAP dan Exchange. Handset ini dijual dengan kisaran harga Rp 7.995.000.

6.      Nokia E7



Smartphone Nokia e7 memiliki beberapa kemiripan dengan spesifikasi dari Nokia 8 yang lebih dahulu dirilis. Selain sama-sama berbasis OS Symbian terbaru yaitu Symbian^3, Nokia e7 memiliki 4-inch (640 x 360 pixels) AMOLED display dan slide-out QWERTY keyboard. Keunggulan media yang dimiliki Nokia E7 adalah kamera 8MP, music player, video, serta separate e-mail accounts. Di Indonesia, kisaran harga jual Nokia E7 adalah Rp 6.000.000 di gerai resmi Nokia maupun pusat elektronik.

7.      Blackberry Bold 9780
Meskipun memiliki memori internal yang kecil (512 MB), namun smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan entertainment dan multimedia Anda. Navigasi dari  BlackBerry Bold 9780 menggunakan trackpad dan handset yang dikenal dengan nama Onyx ini menggunakan keypad QWERTY.

Untuk maksimalisasi penyimpanan contacts, applications, photos dan videos Anda dapat menambahkan media card kapasitas 2GB. Selain itu, kualitas kamera 5MP dengan 2x zoom-nya mengalami peningkatan ketimbang seri-seri Bold terdahulu. Dengan kemampuan media player untuk music dan video MPEG serta WMV, BlackBerry semakin menguatkan statement-nya tak hanya sebagai handset pebisnis melainkan memiliki potensi entertainment bagi penggunanya. Kisaran harga BlackBerry 9780 di Indonesia adalah Rp 4.400.000.

8.      Motorola Droid 2
Motorola Droid 2 merupakan smartphone lain yang menggunakan OS Android 2.2 (Froyo). Sebagai penyempurna dari versi Motorola Droid, Motorola Droid 2 diperlengkap dengan 1GHz TI OMAP processor dan  512MB RAM. Fungsi phonebook memungkinkan sinkronisasi dengan kontak akun Facebook Anda. Sementara, calendar-nya pun dapat disinkronisasi dengan agenda di akun Google.  


Virtual keyboard yang terdiri dari keyboard Android dan SWIPE dapat digunakan pada mode portrait maupun landscape. Untuk menghindari typo dalam menulis pesan, smartphone ini difasilitasi dengan physical QWERTY keyboard. Harga Motorola Droid 2 dijual sekitar Rp 3.650.000.

9.      Samsung Galaxy S



Spesifikasi Samsung Galaxy S hampir menandingi iPhone 3GS. Dari segi desain, smartphone ini memiliki 4.0-inch AMOLED screen dan bentuk yang ultra-slim sehingga fleksibel dalam genggaman. Dengan teknologi touchscreen-nya, sebagian besar dari button di smartphone ini adalah virtual kecuali tombol Home.

10.  Sony Xperia X10
Meskipun “hanya&rdquo berbasis OS Android 1.6, smartphone Sony Xperia X10 sangat cocok untuk utilisasi social media Anda! Spesifikasi-spesifikasi yang dimiliki Sony Xperia 10 antara lain layar touchscreen 4-inch, prosesor 1Ghz, kamera 8.1MP dan memori 32GB.


Bagi penggemar Facebook dan Twitter,User Interface Sony Xperia X10 sangat menunjang kenyamanan berselancar Anda di jejaring media sosial tersebut. Dengan adanya aplikasi Timescape, Anda bisa memperoleh update dari rekan secara real time. Lewat Sony Ericson Infinite Button, interaksi yang dilakukan lewat media sosial dapat diorganisir.  Begitu pula dengan foto, video dan file yang ada di media sosial yang dapat diorganisir ke dalam MediaScape.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon