Sabtu, 16 Maret 2013

UNI EROPA JATUHKAN DENDA US$561 JUTA KEPADA MICROSOFT




Uni Eropa mendenda raksasa teknologi, Microsoft Corp senilai US$561 juta karena tidak menawarkan konsumen pilihan penjelajah situs (web browser), termasuk dari rival microsoft.

Dilansir Reuters, Microsoft melanggar komitmen antitrust yang dikeluarkan Uni Eropa pada 2009 yang juga telah disepakati oleh Microsoft. Microsoft sebelumnya telah menjamin bagi konsumen Eropa untuk diberikan pilihan web browser dari internet explorer hingga Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Namun, penyelidikan yang dilakukan komisi Eropa menunjukkan, Microsoft tidak menyediakan pilihan web browser dalam Windows 7 services pack 1 yang dikeluarkan dari Mei 2011-Juli 2012. Hal ini membuat 15 juta pengguna operasi sistem Windows tidak sadar bahwa mereka tidak bisa memilih.

Ini adalah pertama kalinya otoritas anti-trust Eropa menjatuhkan denda kepada perusahaan karena gagal memenuhi kewajibannya. Denda yang diberikan cukup besar, hampir 10 persen pendapatan Microsoft.

"Jika perusahaan setuju untuk menawarkan komitmen dan kemudian mengikat secara hukum, mereka harus melakukan apa yang menjadi komitmen mereka, atau menghadapi konsekuensinya," kata komisaris Komisi kompetisi Uni Eropa, Joaquin Almunia, Selasa 6 Maret 2013 waktu setempat.

"Saya berharap keputusan ini akan membuat perusahaan berpikir dua kali sebelum mereka melanggar kewajiban mereka atau bahkan mengabaikan tugas mereka untuk kepatuhan yang ketat," tambahnya.

Sementara itu, dalam pernyataan tertulis Microsoft meminta maaf atas kelalaiannya. Micrsoft telah mengambil langkha-langkah untuk memperkuat pengembangan perangkat lunak untuk menghindari kesalahan yang serupa di masa mendatang.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon