Kamis, 24 Oktober 2013

Jokowi: Kasihan monyetnya kurus, tidak berperikemonyetan!

Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur menggelar razia pengamen topeng monyet yang sering mangkal di tiap lampu merah wilayah Jakarta Timur. Razia ini dilakukan terkait program Pemprov DKI Jakarta yang berencana membersihkan pengamen topeng monyet di tahun 2014 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) terlihat memelas saat melihat monyet-monyet hasil sitaan Dinas Kelautan dan Pertanian. Pasalnya, sejumlah monyet tersebut tampak kurus.

"Kasihan monyetnya, kurus kayak saya," ujar Jokowi saat melihat kondisi monyet di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (23/10).

Mantan wali kota Solo itu menyarankan kepada petugas agar monyet-monyet hasil sitaan dibawa ke Kebun Binatang Ragunan. Jokowi berharap agar monyet-monyet tidak dieksploitasi. 

"Monyetnya dibawa ke Ragunan, dipelihara di sana. Itu binatang liar yang dilindungi. Kalau membuat keramaian ganggu ketertiban umum. Tidak berperikemonyetan," terang Jokowi.

Jika masyarakat ingin melihat lucunya monyet, dia menyarankan agar berkunjung ke kebun bintang.

"Kalau senang monyet ya ke kebun binatang saja, tandasnya.

Razia topeng monyet. 
Jokowi prihatin lihat topeng monyet lebih kurus darinya

Gubernur DKI Joko Widodo prihatin dengan banyaknya monyet yang dieksploitasi orang-orang untuk mencari nafkah. Dampaknya, banyak monyet yang diperah tenaganya menjadi kurus kering.

"Prihatin lihat kondisi monyetnya lebih kurus dari saya," kata Jokowi di Balai Kota DKI, Rabu (23/110).

Menurut Jokowi, sesuai dengan undang-undang yang berlaku seharusnya monyet-monyet itu dilindungi dan tidak berada dikeramaian karena dapat mengganggu ketertiban umum. Ke depan, Jokowi juga akan lebih mengawasi penjualan hewan-hewan liar.

"Pedagang hewan liar Jatinegara ke depan satu persatu diawasi," katanya.

Selain itu, kata Jokowi, secara perlahan komunitas topeng monyet juga sudah didekati. Harapannya agar mereka berhenti mempekerjakan monyet, dan beralih profesi untuk memenuhi kebutuhan.

"Saya data komunitasnya, kita sudah datang. Kita sudah dekati," tandasnya.


Beberapa minggu terakhir, Pemprov DKI rajin merazia pengamen topeng monyet. Kini sudah 60 ekor monyet diamankan. Menurut Pemprov, monyet-monyet ini berpotensi menularkan penyakit rabies dan TBC.

Sumber : Merdeka

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon