Jumat, 25 Oktober 2013

Pembentukan Skadron Helikopter Serbu di Kalimantan Timur

Realisasi rencana strategis Angkatan Darat untuk membangun satuan tempur Skuadron helikopter di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, terus berlanjut. Dalam kunjungan kerjan ke Bumi Batiwakkal, Danrem 091/ASN Kolonel Inf Nono Suharsono, menyebutkan, proses saat ini adalah pembangunan pangkalan di Bandara Kalimarau. “Itu memang bagian rencana strategis Angkatan Darat memperkuat wilayah perbatasan, makanya kita akan membangun skuadron heli ini, dengan demikian keamanan perbatasan bisa betul-betul terjaga,” ujar Kolonel Inf Nono Suharsono, usai memberikan paparan di jajaran Kodim 0902/TRD, Senin 21/10/2013.

Meski tidak menjelaskan target realisasi masuknya perangkat dan personel, Danrem menyebutkan penyiapan pangkalan adalah persiapan yang utama. “Begitu nanti pangkalannya selesai dengan perangkatnya, maka personelnya akan segera diisi. Untuk tahap pertama, akan ditempatkan empat personel Penerbang Angkatan Darat (Penerbad) di pangkalan ini. Secara bertahap, penambahan personel akan terus dilakukan diiringi dengan pemenuhan fasilitas lain, termasuk pengadaan jenis pesawat lain yang dibutuhkan”, ujar Danrem 091/ASN.Kolonel Inf Nono Suharsono,berharap rencana tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat maupun Pemerintah kabupaten Berau.

Helikopter Bell-412 EP buatan PT DI

Modul Camera di Helikopter Bell-412 EP buatan PT DI (photo:PikiranRakyat Online)
Rencana pembentukan Skadron Helikopter di Berau Kalimantan Timur, diuraikan lebih lanjut oleh Dandim 0902/TRD Letkol Hendri Sembiring. Menurutnya pembentukan Skadron itu akan direalisasikan pada akhir tahun ini. “Ya kemungkinan akhir tahun ini rencananya helikopter sudah parkir di Berau, itu informasi terakhir,” ujar Letkol Hendri Sembiring.

Kini TNI AD sedang membicarakan masalah teknis dengan Ditjen Perhubungan Udara. “Kalau ada kesepakatan, pastinya semua akan dipakai karena nantinya kita akan memanjangkan apron yang ada, membangun hanggar heli, dan bangunan maintenance juga termasuk markas, saya rasa nggak ada masalah ketika bertemu dengan menteri saat peresmian hanya tinggal MoU saja,” ungkap Letkol Hendri Sembiring.

Markas dan Mess personel akan dibangun tahun 2014 mendatang sekaligus keperluan lainnya. Helkopter serbu yang akan didatangkan akhir tahun ini hanya empat unit dari total keseluruhan yang direncanakan sebanyak 32 helikopter, untuk empat flight.

“Ini bakal menjadi markas skadron pertama di Kaltim, nantinya dari empat flight, ada dua flight saja yang di Berau, yang dua berada di Sulawesi dan Kalimantan Barat. Berau nanti akan menjadi sentralnya, tujuannya jelas untuk mempermudah pelayanan, termasuk dukungan wilayah perbatasan,” tandasnya.

Sumber : Jakarta Greater

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon