Jumat, 25 Oktober 2013

Maskot Ini Dianggap Jelek Oleh Banyak Orang di Jepang

Setiap daerah di Jepang sepertinya berlomba-lomba untuk mempromosikan masing-masing tempat melalui karakter. Kini perfektur Ishikawa memperkenalkan karakter barunya, Hyakuman-san, tetapi banyak yang mengejeknya, tidak bagus. Meskipun demikian sebagian besar anak-anak tampaknya menyukai karakter ini.

Masanori Tanimoto, Gubernur Ishikawa perfektur, Rabu (23/10/2013) malam mengungkapkan, agar semua orang sama-sama melihat dengan tenang karakter atau maskot baru tersebut, "Seperti Sento-kun dari daerah lain (red. Nara), memang perlu waktu, kita harus tenang dan pelan-pelan melihat, jangan menutup diri dulu dalam menerima karakter baru ini," paparnya kepada pers di sini yang diliput Tribunnews.com.

Karakter baru ini berlatar belakang warna  emas karena perfektur Ishikawa terkenal dengan warna dan kerajinan emasnya. Bahkan dua pelipisnya dengan bulatan emas. Kumisnya sangat menarik dinilai banyak orang. Tapi kebanyakan orang pula tidak senang dengan kumis tersebut karena citra kumis di Jepang memang kurang baik.

Tetapi ketika dilakukan survei kepada anak-anak taman kanak-kanak dan sekolah dasar mereka 70 persen menyukai karaktersebut karena berwarna-warni lucu dan indah. Antara lain dengan motif Sakura juga.
Namun bagi yang mengeritiknya antara lain mengatakan mirip Daruma, boneka sekaligus mainan asal Jepang dengan bentuk hampir bulat, dengan bagian dalam yang kosong serta tidak memiliki kaki dan tangan. Model dari benda ini adalah Bodhidharma, pendiri dari Zen.

Boneka Daruma merupakan pembawa keberuntungan dan lambang harapan yang belum tercapai. Daruma dijual dengan kedua belah mata yang belum digambar. Orang yang ingin harapan atau cita-citanya terkabul menggambar salah satu sisi dari kedua matanya dengan kuas dan tinta. Bila harapan orang tersebut sudah tercapai, Daruma akan menerima mata yang satunya lagi. Daruma berasal dari Takasaki perfektur Gunma.

Hyakuman-san akan bergabung dalam Festival Nihonbashi Kyobashi di Tokyo hari Minggu (27/10/2013). Padahal hari Minggu diperkirakan taifun No.27 dan 28 akan datang ke daerah Tokyo.

Perancang karakter adalah Riki Kidera dari perfektur Ishikawa. Bagian belakang, punggung karakter tertulis Ishikawa-ken (perfektur ishikawa). Penulisan tersebut juga mendapat kritik dari banyak orang karena dianggap tidak perlu.

Tingginya 175 cm lebarnya 130 cm. Dibuat dengan serat sintetis yang kuat (Bremen) oleh CEO Perusahaan bernama Ieda Masashi  dan Penanggung Jawab Makabe Takao. Ide dasar mirip boneka Kaga Hachiman di kota Konohana.

Sumber : TRIBUNNEWS

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon