Kamis, 02 Mei 2013

CHINA AKAN BUKA KONSULAT JENDERAL DI BALI




Pemerintah China berniat membuka kantor konsulat jenderal baru di Pulau Bali. Sebelumnya Negeri Tirai Bambu itu sudah memiliki dua kantor konsulat lainnya yang berlokasi di kota Surabaya dan Medan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, usai bertemu dengan Menlu RI Marty Natalegawa hari ini, Kamis 2 Mei 2013. Niat itu disampaikan Wang Yi kepada Marty dalam pertemuan tertutup yang berlangsung selama hampir dua jam.

"Niat itu disambut baik oleh Indonesia," ujar Yi di hadapan para pewarta berita.

Dalam kesempatan itu Yi menyebut Indonesia merupakan negara mitra yang paling penting di kawasan Asia. Yi mengatakan di antara negara lain yang memiliki hubungan bilateral dengan China, hubungan dengan Indonesia merupakan hubungan yang mengalami perkembangan paling pesat.

"Ini semakin memperkuat sepuluh tahun hubungan kemitraan strategis antara China dengan Indonesia," kata Yi.

Yi menjelaskan kemitraan strategis yang telah terjalin antara Indonesia dengan China mencakup beberapa bidang antara lain pertahanan dan keamanan, perdagangan, investasi, infrastruktur, ketahanan pangan dan energi, maritim serta hubungan antar warga.

Terkait hubungan antar warga, Yi mengatakan terdapat perkembangan yang cukup signifikan. Salah satunya meningkatnya jumlah kunjungan warga China ke Indonesia. Dari data yang diperoleh pihak Kedutaan Besar China, tercatat sebanyak 618.223 warga China berkunjung ke Indonesia pada tahun lalu.

Jumlah ini mengalami kenaikan apabila dibandingkan dengan tahun 2011 yang berjumlah 504.749 warga. Sementara warga Indonesia yang berkunjung ke China pada tahun 2010 adalah 573.400 orang, di antara mereka juga terdapat 4.380 pelajar/mahasiswa dari berbagai daerah yang sedang menuntut ilmu di sana.

Sumber :
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/409896-china-akan-buka-konsulat-jenderal-di-bali

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon