Kamis, 18 Juli 2013

10 Pencarian populer di Google selama Ramadan minggu pertama

10 Pencarian populer di Google selama Ramadan
Tak terasa bulan puasa telah terlewati selama satu minggu. Dari awal minggu pertama puasa sampai hari ini, kira-kira apa saja berita yang banyak dicari di Google?

Apabila sebelum memasuki bulan Ramadan, Google selalu merilis daftar pencarian populer selama satu minggu di awal minggu, kini, mereka merilisnya tiap Kamis.

Daftar berikut berdasarkan data aktual istilah-istilah selama satu minggu terakhir yang diketik oleh pengguna situs pencarian Google di wilayah Indonesia.

1. Niat Puasa

Sebelum memasuki bulan Ramadan 1434 Hijriah, banyak pengguna internet Indonesia ingin mengetahui lebih banyak mengenai doa dan niat puasa yang harus diucapkan sebelum sahur.

Tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan baca ketika sedang berniat puasa.

2. Cory Monteith

Aktor serial TV popular Glee di Amerika Serikat, Cory Monteith (berperan sebagai Finn Hudson), ditemukan meninggal di sebuah hotel di Vancouver, Kanada pada tanggal 13 Juli yang lalu.

Sebelum kematian tragisnya pada Sabtu (13/7) kemarin, Cory Monteith rupanya telah merampungkan pengerjaan dua judul film. Film pertama bertajuk MCCANICK yang bergenre action drama. Sedang film kedua diberi tajuk ALL THE WRONG REASONS.

3. Lea Michele

Pacar Cory Monteith dan juga pemeran Rachel Berry di serial TV Glee, Lea Michele Sarfati diberitakan sangat terpukul atas kepergian kekasihnya.

Ternyata, sebelum Monteith meninggal, hubungannya dengan Lea Michele dikabarkan sedang bermasalah.

Hal itulah yang dilaporkan oleh sumber sekat pasangan itu pada Showbizspy. Beberapa minggu sebelum kematian Cory, pasangan itu dikabarkan sudah berpisah.

4. Jadwal Imsak

Apakah Anda sudah miliki jadwal batas menyantap sahur? Apabila belum, ada baiknya Anda mengunduh aplikasi satu ini.

Saat melaksanakan ibadah puasa, sahur tepat waktu kadang sulit untuk dilakukan. Agar tak terlambat melaksanakan sahur, Anda dapat memasang aplikasi Jadwal Imsakiyah 1434H.

Jadwal Imsakiyah 1434H adalah salah satu aplikasi besutan pengembang GaweGaweStudio. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat jadwal imsakiyah untuk berbagai wilayah di Indonesia.

5. Hasil SBMPTN

Banyak calon mahasiswa menunggu hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013 beberapa hari lalu.

Menurut Panitia Seleksi Masuk Bersama PTN, sebanyak 109.853 peserta dari total 585.789 peserta ujian tulis dinyatakan lolos pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 di 62 universitas negeri yang tersebar di seluruh Indonesia.

6. Sidang Isbat

Sidang Isbat menentukan mulainya bulan Ramadan, digelar oleh Kementerian Agama dengan organisasi masyarakat nasional. Menurut pemerintah, Ramadan 1434 Hijriah mulai tanggal 10 Juli 2013 yang lalu.

Sebelumnya, Khatib Am Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Malik Madani sempat menyentil Menteri Agama Suryadharma Ali terkait penetapan awal Ramadan 1434 H. Menurut Malik, Suryadharma terlalu lama menetapkan awal puasa karena waktu di Indonesia Barat dan Timur terpaut jauh.

7. Hilal

Pengamatan Hilal atau bulan di sejumlah titik di Indonesia dilakukan untuk membantu menentukan awal bulan puasa.

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi kemasyarakatan (Ormas) terbesar di Indonesia. Keduanya memiliki metode yang berbeda di dalam menentukan awal puasa Ramadan.

Jika Muhammadiyah menggunakan metode hisab atau penghitungan penanggalan oleh ahli hisab Majelis Tarjih Muhammadiyah, sedangkan NU lebih menekankan pengamatan rukyatul hilal atau berdasarkan bulan.

Menghadapi perbedaan di atas, Ketua Lajnah Falakiyah PBNU, KH Ghazali Masroeri mengimbau kepada rakyat Indonesia untuk menunggu sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama.

8. Niat Sholat Tarawih

Seperti halnya doa sahur, niat, doa dan tata cara salat tarawih menjadi topik yang cukup popular minggu ini. Banyak pengguna Google untuk kawasan Indonesia mencari berita dan informasi seputar niat salat tarawih.

9. Doa Buka Puasa

Masih seputar puasa dan bulan Ramadan, selama satu minggu ini, ternyata juga banyak netizen Indonesia yang mencari informasi seputar doa untuk berbuka puasa.

10. Menu Buka Puasa

Untuk bulan puasa, ada banyak variasi makanan yang dapat dihidangkan. Selain Google, pengguna internet juga dapat pergi ke


Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon