Senin, 01 Juli 2013

BI minta pemerintah jaga pasokan barang jelang Ramadan

pasar tradicional.
Dalam upaya menjaga agar inflasi tidak melambung setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dan menjelang bulan Ramadhan, Bank Indonesia (BI) meminta pemerintah untuk menjaga pasokan barang.

Asisten Gubernur BI Hendar mengatakan kenaikan inflasi atau harga tidak dapat dihindari dalam waktu dekat. "Yang bisa kita jaga second round-nya itu. Second round itu yang harus dikelola.

Caranya mengambil respon yang tepat, bagaimana supaya jangan ada kekhawatiran dengan naiknya harga transportasi barang tak tersedia," tuturnya di gedung Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (1/7).

Menurutnya, semua otoritas harus saling bekerjasama dalam respon potensi inflasi tersebut, tidak hanya bank sentral sebagai otoritas moneter. Kendati demikian, Hendar menegaskan, dampak langsung inflasi dari kenaikan BBM hanya sekitar tiga bulan, bila merujuk pada pengalaman kenaikan BBM yang lalu.

Terkait dengan bulan Ramadan, lanjut Hendar, secara tren musiman tingkat inflasi akan meningkat, oleh sebab itu seluruh otoritas diharapkan bisa menjaga ketersediaan barang.

"Ngga cuma pemerintah. Kalau di sisi suplai iya, tapi di sisi BI harus memberikan confidence ke market, bahwa BI akan memberikan respon yang pas untuk kebijakan BBM itu," papar Hendar.
Bank sentral sendiri memproyeksi dampak BBM akan sangat terasa pada tiga bulan sejak dinaikkan pada 22 Juni 2013, dengan tingkat inflasi bulanan di kisaran 2 persen, dan inflasi tahunan sebesar 7,5 persen pada Juli. Pada Agustus, laju inflasi bulanan diproyeksi akan turun ke 0,9 persen, sementara tahunan mencapai 7 persen.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini mengumumkan, bahwa inflasi Juni 2013 sebesar 1,03 persen, setelah keputusan pemerintah menaikkan harga BBM.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon