Jumat, 19 Juli 2013

Rumah bersejarah Soekarno, meski kuno namun masih kokoh

rumah bersejarah soekarno.
Rumah kuno seluas yang berdiri di atas luas tanah 4213 m2 terlihat sepi. Namun rumah yang berada di Jalan Patangpuluhan No 22, Ketanggungan, Wirobrajan, Yogyakarta tersebut, masih tampak kokoh.

Di sebelah barat atau kanan rumah tersebut berdiri sebuah rumah milik seorang dokter gigi bernama Sulistinah. Sementara di sebelah kiri atau timur berdiri sebuah gedung pertemuan bernama Pendopo Djowitan. Sedangkan di bagian depan terdapat bangunan Hotel Rama Shinta, tanah pekarangan kosong, rumah dan lapangan futsal. Sekitar 1 km ke arah timur adalah Keraton Yogyakarta.

Menurut beberapa warga sekitar, bangunan rumah tersebut memang sepi. Tak banyak aktivitas yang terjadi di rumah tersebut.

"Saya enggak kenal dengan yang punya rumah. Tapi katanya ibu-ibu tua Enggak pernah keluar, saya belum pernah lihat dia," ujar Suharyanto (40), juru parkir di sekitar rumah tersebut.

Suharyanto, warga Sindurejan, Patangpuluhan, yang sudah 2 tahun menjadi juru parkir mengaku belum pernah masuk ke halaman rumah sekalipun. Pernyataan senada juga dikemukakan Pipit (31), pedagang gerobak susu di seberang rumah Purbodiningrat. Warga Patangpuluhan tersebut juga tak kenal dengan penghuni rumah.

"Saya sudah jualan di sini lama. Tapi nggak tahu penghuni rumah tersebut. Katanya sih namanya bu Siti, tapi orangnya yang mana, saya nggak tahu. Wong nggak pernah keluar," katanya.

Selain bangunan utama rumah, tampak dari depan terdapat bangunan rumah kecil di pintu masuk kanan. Bangunan tak terawat tersebut juga tak berpenghuni. Konon kabarnya, dulu merupakan pos penjagaan.

Sementara itu di bagian depan, terdapat pagar rumah, dengan konstruksi tembok bercat putih, dengan dua pintu besi bercat hijau. Pintu sepanjang sekitar 5 meter tersebut, di sebelah kanan terlihat terkunci, sementara sebelah kiri terlihat terbuka.

Rumah bersejarah yang disebut pernah menjadi tempat persembunyian Presiden Soekarno di Yogyakarta, kini dijual lewat situs jual beli tokobagus.com. Rumah itu ditawarkan dengan harga Rp 29.491.000.000.

Rumah itu terletak di Jalan Patangpuluhan, Yogyakarta. Luas rumah 500 m2, dengan luas tanah 4213 m2. Ada lima kamar tidur dengan dua kamar mandi dan halaman yang luas.

"Saya diminta oleh ahli waris keluarga Purbodiningrat untuk membantu menjual rumah bersejarah ini," kata Yuskalvin, pria yang memasang iklan di toko bagus.com, saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (11/7).

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon