Selasa, 08 Oktober 2013

Jokowi targetkan rusun Jakarta tahun depan gunakan panel surya

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berkunjung ke PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) yang terletak di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur. Selama berkunjung ke pabrikan elektronik tersebut, Jokowi melihat rumah percontohan karyawan yang menggunakan tenaga surya.

Jokowi mengatakan pihaknya merencanakan untuk membangun rumah susun yang dilengkapi dengan panel surya pada tahun depan. Fasilitas itu berguna sebagai sumber tenaga listrik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Jokowi. 
"Setelah melihat ini, saya berpikir ke rumah susun menggunakan konsep ramah lingkungan seperti ini. Tahun depan semua rusun yang dibangun akan menggunakan solar panel seperti ini," ujar Jokowi saat berkunjung ke PGI, Jakarta, Selasa (8/10).

Bahkan, Jokowi mengklaim rumah hemat energi itu akan menjadi konsep rumah Jakarta di masa datang. Dengan menerapkan teknologi tersebut, lanjut dia, penggunaan energi akan lebih hemat dan kelestarian lingkungan akan tetap terjaga.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Rahmat Gobel mengatakan rumah hemat energi tersebut dapat mengurangi emisi karbon sebesar 25 persen yang ditargetkan pada tahun 2020.

"Tentunya, kalau pemerintah mengundang kita untuk melakukan ini lagi, kami sangat senang karena program ini bisa untuk bangun negeri," kata dia.

Dia mengakui investasi rumah dengan panel surya memang besar karena rumah panel surya merupakan rumah masa depan dan dapat menghemat subsidi listrik pemerintah.

"Kalau pemerintah mengundang kami untuk bisa mendukung program, kami sangat senang sekali," pungkas dia.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon