Rabu, 03 Juli 2013

KEK Sei Mangkei jadi percontohan di Kalimantan dan Sulawesi

Hatta Rajasa.
Pemerintah saat ini sedang gencar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Ternyata, proyek kawasan ini akan menjadi percontohan untuk membuat kawasan yang sama di Kalimantan dan Sulawesi.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan keberadaan KEK sangat menguntungkan Indonesia dan perekonomian daerah setempat. Hatta berjanji pemerintah akan berjuang mati-matian untuk menghidupkan KEK di daerah lain.

"Sei Mangkei akan kita jadikan model, berikutnya di Kalimantan dan Sulawesi. Semua harus ada rasa memiliki mengenai ini," ucap Hatta di Sei Mangkei, Sumatera Utara, Rabu (3/7).

Menurut Hatta pemerintah akan terus membantu pemerintah daerah dalam pembangunan. Hatta juga menjanjikan akan merogoh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) jika memang kawasan tersebut menunjang pertumbuhan di Indonesia.

"Misalnya walaupun jalan itu jalan kabupaten tapi menyangkut MP3EI, APBN akan ikut bicara kesitu. Model ini akan jadi referensi," katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan dengan adanya KEK maka industri di Indonesia akan terintegrasi dari hulu hingga hilir. Lokasi ini akan menjadi pusat investasi yang menarik bagi investor lokal, swasta maupun asing.

"Ini jadi pusat inovasi, itu model yang dicita-citakan Indonesia yang kaya dengan kekayaan alam," tutupnya singkat.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon