Rabu, 03 Juli 2013

Kolesterol baik dan jahat, apa bedanya?

Ilustrasi kolesterol.
High Density Lipoprotein biasanya dikenal sebagai kolesterol baik. Sementara Low Density Lipoprotein merupakan kolesterol jahat. Apa perbedaan dan fungsinya bagi tubuh? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

PengertianHDL memiliki tugas untuk membawa kolesterol kembali ke hati dari jaringan dan mencegah penggumpalan di arteri. Sementara LDL sifatnya justru berkumpul di pembuluh darah dan menyumbat arteri.

SumberSumber kolesterol baik bisa diperoleh dari kacang almond, mete, minyak zaitun, kacang tanah, alpukat, kedelai, kenari, tuna, dan biji labu. Sementara ayam tanpa kulit dan daging cukup rendah kolesterolnya dan buah-buahan serta sayuran tidak mengandung kolesterol sama sekali.
Kemudian sumber kolesterol jagat adalah keju, mentega, krim, kuning telur, kulit ayam, daging merah, dan susu.

Manfaat dan kerugianKarena sifatnya baik, HDL memiliki manfaat menurunkan kolesterol dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berbeda dengan LDL yang sifatnya jahat, kadar berlebihan dalam tubuh bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Itulah kolesterol, baik yang jahat maupun yang baik. Cobalah meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon