Selasa, 22 Oktober 2013

"Monyet Saja Dimanusiakan, Manusia Harus Lebih Dimanusiakan Lagi"

Pengamat Perkotaan Yayat supriatna berharap agar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak hanya membersihkan Jakarta dari pengamen topeng monyet. Dia berharap agar orang nomor satu di Jakarta juga mampu melakukan razia terhadap pengemis di jalan yang menggendong bayi.

"Jadi jangan cuma pengamen topeng monyet saja yang dirazia, kalau bisa pengemis yang kerap mengendong bayi atau anak-anak juga dirazia," kata Yayat saat berbincang dengan Okezone, Rabu (23/10/2013).

Dia mengatakan jika pemerintah provinsi DKI Jakarta bisa menghargai hak binatang, seharusnya dapat menghargai hak anak juga. "Monyet saja dimanusiakan, manusia harus lebih dimanusiakan lagi," tegasnya.  

Dia berharap agar Dinas sosial dapat dengan tanggap melakukan pembinaan, baik kepada pengamen topeng monyet, maupun kepada para pengemis di Jakarta.

"Hal ini agar Jakarta lebih bermatabat," tukasnya.

Sebelumnya petugas dari Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur dan  Satpol PP melakukan razia pengamen topeng monyet.

Alhasil beberapa pengamen topeng monyet pun lari kocar-kacir, saat petugas mendekati dan berusaha menangkap mereka.

Ahok Janji Berdayakan Pawang Topeng Monyet

Ilustrasi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan pihaknya sudah menertibkan 10 pengamen topeng monyet yang mangkal di beberapa perempatan jalan.

"Topeng monyet sudah 10 yang dapat. Sudah kita tertibkan," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Terkait dengan pawangnya sendiri, mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan, Pemprov DKI akan mencarikan solusi terbaik bagi mereka. "Mesti dicarikan solusi, mesti ada pertunjukan-pertunjukan, sirkus, atau binatang. Biar mereka yang melatih. Jangan sampai dibuang begitu saja kan. (Pawang topeng monyet ini) mau dipikirin," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Joko Widodo menggulirkan kebijakan ‘Jakarta Bebas Topeng Monyet 2014. Untuk mewujudkan rencana ini, petugas Satpol PP pun mulai gencar merazia pengamen topeng monyet di sejumlah perempatan jalan.

Kata Jokowi, monyet-monyet itu selanjutnya bakal dikandangkan ke Taman Marga Satwa Ragunan. "Ya demi ketertiban karena mengganggu di perempatan, ya menyebar penyakit rabies. Makanya mau dibina. Kita tertibkan," kata Jokowi.

Penertiban, lanjut antan Wali Kota Solo itu akan dimulai pekan ini. Namun, Jokowi mengaku tak mengetahui jumlah monyet tersebut secara rinci. "Monyetnya belum dihitung, yang tanggung jawab ke Dinas Pertanian dan Kelautan," tuturnya.

Sumber : Okezone

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon