Rabu, 23 Oktober 2013

Valentina Tereshkova, wanita pertama yang menjejak bulan

Wanita bernama lengkap Valentina Tereshkova Vladimirovna ini telah menjadi wanita pertama di bumi yang menjejakkan kaki di bulan. Untuk bisa mencapai bulan, Valentina harus bisa mengalahkan lebih dari empat ratus pelamar.

Seleksi untuk menjadi pilot Vostok - jenis pesawat ruang angkasa yang dirancang oleh Uni Soviet - dilakukan pada 16 Juni 1963 silam. Setelah bergabung dengan korps kosmonot, seperti dilansir oddee.com, Valentina kemudian dilantik secara resmi oleh Angkatan Udara Soviet. Dengan demikian, ia pun menjadi warga sipil pertama yang terbang ke luar angkasa.

Valentina Tereshkova.
Valentina yang hidup selama tiga hari di luar angkasa ditugaskan untuk mengumpulkan data tentang bagaimana reaksi tubuh wanita ketika melakukan perjalanan ke luar angkasa. Sebelum mengikuti perekrutan sebagai kosmonot ke bulan, Valentina awalnya hanyalah seorang pekerja pabrik perakitan tekstil dan penerjun payung amatir di Rusia. Setelah pembubaran kelompok kosmonot pada tahun 1969, ia lantas menjadi salah satu anggota terkemuka dari Partai Komunis Uni Soviet, yang memegang berbagai jabatan politik. 

Valentina tetap aktif secara politik, menyusul runtuhnya Uni Soviet. Meski demikian, hingga kini sosok Valentina Tereshkova masih dipuja sebagai salah satu pahlawan di Rusia pasca runtuhnya Soviet.

Sumber : Merdeka

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon