Rabu, 23 Oktober 2013

Jangan acuhkan idealisme mahasiswa!

Berawal dari kesenangan membuat desain kaos sendiri pada akhir 2007 lalu, Teddy Soegiarto mengawali bisnis TEE41 yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Bisnis kaos yang didominasi oleh tema urban art dan kartun animasi ini hanya dimulai dengan modal 2,5 juta rupiah tanpa adanya background berbisnis garmen dari pemiliknya sama sekali.

"Saya sih cuma iseng-iseng aja awalnya karena susah cari desain kaos yang cocok. Akhirnya saya buat sendiri. Idealisme", terang Teddy.

Teddy yang saat itu masih menjadi mahasiswa tingkat akhir di Universitas Katolik Petra Surabaya sering menghadapi kesulitan karena minimnya pengetahuan mengenai bidang yang dia coba geluti. "Saya menghadapi banyak sekali kesulitan di awal usaha ini. Saya cuma punya bekal desain saja, tidak ada background tentang garment, apalagi enterprenuership dan networking. Dulu hasil sablonan kurang oke dan kualitas kaos masih kurang baik juga", cerita Teddy. 


Namun dia tidak berputus asa di titik itu. Teddy mulai belajar berbagai macam ilmu demi mengembangkan usaha kecil-kecilannya. "Saya cari-cari info dari temen. Mencoba juga sambil jalan. Sekarang sudah tidak sesulit dulu. Saya hanya perlu mengatur waktu untuk rilis desain dan perputaran modal".

Namun siapa sangka keisengan dari idealisme merancang kaos ini lambat laun membawa kesuksesan. Kaos yang dirancang Teddy telah memiliki pecinta sendiri sehingga dia kini mampu mendirikan stockroom sendiri di Jalan Mulyosari Prima I/ 103 Surabaya. 

Meski saat ditanyai tentang omzetnya Teddy hanya menjawab 'cukup untuk makan nasi goreng sehari-hari', clothing line TEE41 sudah sering hadir di berbagai pameran seperi Kickfest Surabaya (ICE), Jakcloth, dan akan hadir di Kickfest Bandung 9 November 2013 mendatang.

Sumber : Merdeka

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon