Selasa, 02 Juli 2013

5 teknologi DSLR yang sudah mendarat di smartphone

Teknologi DSLR di smartphone.
Smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi mutakhir yang bisa memanjakan penggunanya termasuk pada spesifikasi kamera yang diusungnya.

Bahkan, pada jajaran smartphone high-end terbaru saat ini, banyak teknologi yang dahulu hanya ditemui di kamera DSLR kini juga sudah ditemui perangkat smartphone.

Berikut lima teknologi DSLR yang sudah hadir di smartphone, seperti dilansir VR-Zone (1/7).

1. Large Image Sensor

Salah satu teknologi terbaik yang menyambangi smartphone adalah kamera dengan sensor besar. Teknologi kamera dengan sensor besar ini meluncur pertama kali di handset Nokia N8.

Teknologi ini nampaknya juga masih dipertahankan Nokia pada handset terbaru seperti Nokia Lumia 920 atau bahkan Nokia PureView 808 yang memiliki sensor kamera sebesar 1/1,2 inci CMOS FSI sensor.

Kamera dengan sensor besar ini tentunya dapat menyajikan kualitas gambar dan piksel yang hampir menyamai hasil jepretan kamera DSLR.

2. Optical Image Stabilization

Optical Image Satbilization (OIS) sebelumnya adalah teknologi yang hanya tersedia di kamera DSLR saja. Akan tetapi belakangan ini teknologi ini sudah mulai ditemui di smartphone high-end seperti Nokia Lumia 920, Lumia 925, dan HTC One.

OIS sendiri berfungsi untuk meminimalisir efek getaran tangan penggunanya saat mengambil foto. Teknologi ini juga memberikan kualitas gambar yang lebih baik di kondisi kurang cahaya.

3. HDR Image

Teknologi HDR (High Dynamic Range) merupakan teknologi DSLR yang juga sudah mendarat di smartphone seperti HTC One, LG Optimus Pro dan Sony Xperia Z.

HDR ini sendiri memiliki fungsi untuk mendapatkan kualitas foto terbaik dari berbagai kondisi penerangan saat pengguna mengambil sebuah gambar ataupun merekam video.

4. Stereo Audio Recording

Dengan terciptanya prosesor smartphone yang semakin canggih saat ini seperti Snapdragon 800 atau Exynos 5, membuat teknologi Stereo Audio Recording bisa disematkan di kamera smartphone.
Teknologi Stereo Audio Recording ini sendiri berfungsi agar speaker smartphone pengusungnya dapat merekam suara dengan lebih jelas dan kualitas yang lebih baik saat merekam sebuah video.

5. ISP Chip

Dengan adanya chip yang berfungsi sebagai image processing yang lebih canggih, membuat smartphone dapat meniru kamera DSLR yang dapat memotret foto dan menampilkan hasilnya dalam waktu sepersekian detik saja.

Teknologi ini sendiri saat ini sudah disematkan di smartphone seperti Samsung Galaxy Nexus, Galaxy S4, LG Optimus G Pro, HTC One, dan Sony Xperia Z.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon