Rabu, 03 Juli 2013

Penyaluran KUR belum merata dan menjangkau semua pelaku UKM


Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop-UKM) Syarif Hasan mengakui, saat ini penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) belum merata dan menjangkau seluruh Indonesia. 

Pemerintah berdalih, permintaan dan kemampuan serta pendanaan KUR tidak seimbang.

"Banyak orang yang mengeluh KUR belum merata. Kami akui memang iya," ujar Syarif saat acara Konferensi Pemberdayaan UMKM Nasional 2013 di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (3/7).

Sejak 2007 hingga saat ini, tercatat penyaluran KUR baru mencakup 8,78 juta pelaku usaha mikro maupun menengah, dengan total dana Rp 117 triliun. Kondisi tersebut tidak sebanding dengan total pelaku usaha UMKM yang mencapai 56,5 juta unit kerja.

"Kemudian, letak geografis Indonesia, menjadi suatu tantangan tersendiri bagi penyaluran KUR atau program-program lain," tegas dia.

Untuk tahun ini, kataSyarif, hingga 14 Juni 2013 realisasi penyaluran KUR baru mencapai Rp 19 triliun dari target yang ditetapkan Rp 35 triliun. Kemenkop-UKM berencana meningkatkan anggaran, sehingga dapat mendorong sektor tersebut untuk berkembang.

"Kuncinya adalah sosialisasi. Kami akan terus melakukan upaya itu, sehingga informasi sampai ke pelosok-pelosok," ucapnya.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon