Sabtu, 27 Juli 2013

Puluhan orang tewas dalam unjuk rasa pro-Mursi

Demo Mesir.
Setidaknya 70 orang dikabarkan tewas dalam sebuah unjuk rasa mendukung mantan Presiden Muhammad Mursi di Ibu Kota Kairo, Mesir.

Situs the Huffington Post melapokan, Sabtu (27/7), Ikhwanul Muslimin juga menyatakan lebih dari ratusan orang lainnya mengalami luka-luka, setelah pasukan keamanan menembaki para pengunjuk rasa pada Sabtu pagi waktu setempat.

"Mereka menembak bukan karena ingin melukai kami, tapi mereka menembak lantaran ingin membunuh," kata Juru bicara Ikhwanul Muslimin Gehad El-Haddad.

Sementara dari beberapa sumber lain mengatakan korban tewas mungkin bisa lebih tinggi lagi hingga mencapai 120 orang. Penembakan-penembakan itu berlangsung di beberapa lokasi demonstrasi.

Mesir kerap mengalami sejumlah protes dalam beberapa pekan terakhir sejak Mursi digulingkan pada 3 Juli lalu.

Saat ini, Mursi juga dituduh telah berkomplot dengan kelompok militan Palestina Hamas dalam rangka merencanakan serangan pada 2011 lalu dalam sebuah pemberontakan untuk menggulingkan mantan Presiden Husni Mubarak.

Presiden sementara Mesir Adli Mansour kemarin juga meminta pendukung Mursi agar segera mengakhiri aksi unjuk rasa dan kembali ke rumah mereka masing-masing.

"Pulanglah dan saya secara pribadi berjanji tidak ada seorang pun yang akan menuntut Anda secara hukum," kata Mansur, saat diwawancarai salah satu stasiun televisi lokal, seperti dikutip kantor berita Xinhua

Mansur menyampaikan hal itu kepada pendukung Mursi yang berada di Alun-alun Rabia al-Adawiya di Kairo dan di Alun-alun Nahda, dekat Universitas Kairo di Giza.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon