Selasa, 22 Oktober 2013

Dalam Suaka, Snowden Akan Terus Bocorkan Rahasia AS

Pembocor program intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, disebut-sebut akan terus mengungkap rahasia intelijen AS. Hal itu disampaikan ayah Snowden, Lon, yang baru saja bertemu dengan putranya.

Snowden saat ini hidup dalam suaka Rusia. Tidak diketahui bagaimana Pemerintah Rusia akan bereaksi jika Snowden membuka rahasia intelijen AS dalam suakanya.

“Masih banyak (rahasia) yang akan dibuka,” ujar Lon, seperti dikutip Reuters, Kamis (17/10/2013).

“Dia akan terus melanjutkan aksinya. Dia akan membuka kondisi (intelijen AS) yang sebenarnya,” lanjut Lon.

Edward Snowden
Lon menambahkan, putranya terlihat gembira hidup di Rusia. Dia menyarankan putranya untuk terus tinggal di Rusia. Snowden memang hanya menerima suaka sementara selama setahun dari Pemerintah Rusia.

“Saya ingin dia tetap tinggal (di Rusia), namun itu keputusannya. Dia sudah besar dan bisa mengamil keputusan sendiri,” tutur Lon.

Snowden mendapat suaka Rusia untuk berlindung dari kejaran Pemerintah AS. Pria berumur 30 tahun itu dianggap sebagai musuh Pemerintah AS.

Snowden Bantah Berikan Dokumen Rahasia AS ke Rusia

Pembocor program intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, membantah memberikan dokumen rahasia AS ke Rusia dan China. Snowden mengaku telah menyerahkan seluruh dokumen rahasia AS kepada wartawan sebelum dia terbang ke Rusia.

Snowden kini hidup dalam suaka di Rusia. Aksinya membocorkan program intelijen AS dan meminta suaka ke Rusia membuat dia dituduh sebagai pengkhianat.

Snowden bercerita, dia menjaga ketat dokumen rahasia AS yang dia punya. Pengalamannya sebagai karyawan di lembaga intelijen membuatnya familiar dengan aktivitas intelijen asing.

“Dokumen rahasia AS yang saya punya tidak mungkin jatuh ke tangan Rusia atau China,” ujar Snowden dalam sebuah wawancara, seperti dikutip Associated Press, Jumat (18/10/2013).

Snowden menghindari dari sorotan publik selama dalam suaka. Namun, dia sempat muncul untuk menerima sebuah penghargaan HAM. Dia juga menemui ayahnya, Lon, yang berkunjung ke Rusia.

Sumber : Okezone

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon