Nikolaus August Otto lah seorang berkebangsaan Jerman
yang pada tahun 1876 telah menciptakan mesin/motor dengan pembakaran empat
langkah. Suatu jenis mesin yang dipakai jutaan manusia yang dibuat sejak saat
itu hingga kini untuk menggerakkan mobil dan kendaraan lainnya.
Proses pembakaran pada bagian dalam mesin yang
diciptakan Otto merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan brilian. Mesin
jenis ini mulanya digunakan untuk menggerakkan perahu motor dan sepeda motor.
Mesin tersebut juga biasa digunakan dalam berbagai
industri, dan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan penemuan pesawat
terbang (hingga pesawat terbang bermesin jet di tahun 1939, hakikatnya semua
pesawat terbang digerakkan dengan pembakar yang bekerja menurut rancangan
Otto).
Tapi yang terpenting dari yang penting dalam
penggunaannya adalah pemakaiannya dalam gerakan mesin mobil yang hingga saat
ini bisa kita rasakan manfaatnya.
Sebenarnya sudah banyak percobaan yang dilakukan untuk
membikin mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti
Siegfried Marcus(1875), Etienne Lenoir(1862), dan Nicolas Joseph Cugnot (sekira
tahun 1769), telah berhasil membikin model mesin yang bergerak. Tapi, berhubung
adanya kekurangan pada jenis mesin yang mesti mampu mengkombinasikan antara
keringanan dan kecepatan tinggi, ternyata tak satupun dari model-model itu yang
memiliki arti praktis dalam penggunaannya. Namun demikian, dalam jangka waktu
lima belas tahun sejak Otto menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran,
dua penemu yang berbeda- beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing
secara tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasaran. Berbagai tipe
mesin sejak saat itu dipakai orang. Malahan bukan mustahil apabila di masa yang
akan datang mobil digerakkan dengan tenaga uap atau oleh batere listrik, atau
oleh tenaga penggerak lain sehingga mencapai titik yang paling sempurna. Tapi
jelas, berjuta-juta mobil di abad lalu 90% menggunakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran yang merupakan hasil penemuan Otto.
Pada umumnya, penemuan-penemuan ilmiah besar
memberikan kemaslahatan bagi umat manusia walaupun ada beberapa penemuan yang
telah mengakibatkan berjuta orang meninggal sebut saja seperti penemuan bahan
peledak atau senjata modern. Namun demikian, penemuan Otto ini telah mengubah
dunia yang hampa menjadi hingar bingar dengan berseliwerannya mobil-mobil yang
berdampak pada peningkatan mobilitas aktivitas manusia.
Nikolas August Otto lahir tahun 1832 di kota
Holzhausen, Jerman. Ayahnya meninggal dunia ketika dia masih kecil. Sekolahnya
harus terputus mengingat sudah tidak memiliki biaya untuk sekolah tatkala
umurnya masih enam belas tahun sehingga dia mulai bekerja dan berbisnis untuk
menopang kehidupannya. Pada waktu itu, dia sempat bekerja di toko makanan,
pernah jadi klerek di Frankfurt, dan terakhir menjadi pedagang keliling yang
kesana kemari menjajakan dagangannya.
Sekitar tahun 1860, Otto mendapatkan kabar bahwa
adanya penemuan mesin yang digerakan oleh gas oleh Etienne Lenoir(1822 - 1900),
mesin pembakar pertama yang bisa bergerak. Otto menyadari,
kalau saja mesin Lenoir bisa menggunakan bahan bakar cair, pasti akan lebih
berdaya guna karena tidak perlu lagi memikirkan soal pembuangan gas. Otto
kemudian merancang sebuah alat yang disebut dengan karburator, tapi ciptaannya
ini ditolak oleh kantor paten karena alat yang serupa pernah dibikin orang
lain.
Tak kehabis akal dan putus asa,
Otto terus menekuni penyempurnaan ciptaan Lenoir. Pada Tahun 1861 terpikir
olehnya gagasan pembuatan sebuah mesin dasar model baru., yang bergerak atas
dasar empat dorongan putaran (mesin Lenoir dengan dua dorongan). Pada bulan
Januari Otto membikin jenis mesin tersebut. Namun demikian, dia menemui banyak
rintangan dan kesulitan, khususnya dalam mempraktiskan mesin itu. Sehingga
kemudian dia meninggalkan pekerjaan ini. Sebagai gantinya dia mengembangkan
“mesin udara” sebagai langkah penyempurnaan mesin dengan dua dorongan yang
digerakkan oleh gas. Pada tahun 1863 dia mematenkan hasil penemuannya ini.
Tidak lama kemudian dia bersama Eugena Langen membikin pabrik kecil dan
menyempurnakan hasil rancangannnya.
Pada tahun 1867 mesin dua
dorongannya dianugerahi medali dalam World Fair di Paris. Setelah itu,
penjualan mesinnya melesat dan keuntungan perusahaan pun melimpah. Tahun 1872
dia memperkerjakan Gottlieb Daimler, seorang insinyur brilian yang punya banyak
pengalaman dalam manajemen pabrik untuk memperlancar produksi mesinnya. Meski
telah berhasil menemukan mesin dengan dua pendorong yang telah membikin dia
kaya, dia tetap berambisi untuk membuat mesin dengan empat dorongan yang
mengkompres campuran minyak dan udara sebelum terjadi pembakaran yang akan
merupakan penyempurnaan mesin Lenoir tak terbandingkan. Model ini akhirnya
dapat dibuat pada tahun 1876 tepatnya pada bulan Mei dan setahun kemudian
patennya dia peroleh.. Dan penemuannya ini telah terjual sebanyak 30.000 mesin
dalam waktu 10 tahun dan telah menyisihkan sepenuhnya mesin hasil temuan
Lenoir.
Paten Otto ini pernah jadi perkara
pada tahun 1886, dimana seorang berkebangsaan Perancis Alponse Beau de Rochas
punya gagasan serupa di tahun 1862 dan telah mempatenkannya. Namun, dia tidak
terlalu berpengaruh karena penemuannya tidak pernah dipasarkan, dan lebih dari
itu hasil temuan dia tidak pernah muncul sebagai suatu model. Selain dari itu,
Otto tidak pernah dapat ilham dari Rochas. Hal itu, bukannya membuat hak paten
Otto menjadi hilang melainkan pasaran mesinnya makin merajalela dan tentunya
telah membuat dia menjadi lebih kaya raya.
Nikolas August Otto meninggal pada
tahun 1891 dalam keadaan kemashurannya. Sebelum tahun 1876, ketika Otto
menciptakan mesinnya, penyempurnaan menuju adanya mobil yang praktis, hampir
mustahil. Sesudah tahun 1876, ketika Otto menemukan mesin dengan empat dorongan
pembakaran, terbukalah kemungkinan-kemungkinan itu dan menjadi kenyataan hingga
saat ini. Dengan sendirinya, Nikolaus August Otto tidak bisa dipungkiri
merupakan salah seorang yang telah berhasil membuat dunia menjadi lebih modern
seperti sekarang ini.
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon