Twitter adalah sebuah situs
web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring
sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan
hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim
dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel
(telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di
negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San
Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server
dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006
oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan
saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang
digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa
seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird",
dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry
Bird.
Sejarah
Twitter berawal dari sebuah
diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan
Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana
individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah
kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal
15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai
meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW).
Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000
kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010,
Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi
menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan
dikirim-tampil (post) per
kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan
dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per
kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar
kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter
mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang
dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap
detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi
lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada
Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua
periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni
2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil
setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada
tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael
Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun
karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata
"Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
SECARA KESELURUHAN
PESAN
Pengguna dapat menulis pesan
berdasarkan topik dengan menggunakan tanda pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari
pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya
mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan
pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam
pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan
URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan
teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk
memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.
KONTEN DALAM TWITTER
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa
melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
Halaman utama disebut juga sebagai Timeline
Profil
Pada halaman ini yang akan
dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang
sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain
yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut
akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke
dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan
adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang
dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan
balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang
akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit
agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa
disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada
pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi
pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan
topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis
oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna twitter dapat
mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga
memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik
yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang
bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai
dengan tagar (#) yang
dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada
kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan
menjadi Topik Hangat (Trending Topic)
dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena
suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu
tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa
yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari
kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena
fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik
Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic
World Wide / TTWW) dan Topik
Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi
di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak
peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan
(dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla,
Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter
dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear
Analytics.
·
Celoteh tidak berarti - 40%
·
Percakapan - 38%
·
Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
·
Promosi diri - 6%
·
Berita - 4%
·
Spam - 4%
Peringkat
Twitter adalah merupakan salah
satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh
Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan
bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan
sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada
bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh
tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan
bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008
menjadi 7 juta pada Februari 2009.
Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan
yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna
menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh
Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya
adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu,
TweetWawa, SnapTwit, SimpleTweet, Gravity
Demografi
Menurut sebuah studi oleh
Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter
lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%.
Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas,
dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter
yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana
pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini
dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para
penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis
atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis
tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang
pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun
selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney
Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
KERAHASIAAN
PRIBADI DAN KEAMANAN
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade
Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada
tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan
melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter
memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga
"program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara
independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer
(worm) XSS aktif di Twitter.
Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip
secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang
lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
PENGGUNA
TWITTER DI INDONESIA
Di Indonesia, Twitter sangat
populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada
serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke
enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih
menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
RISET
DAN KRITIK
Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang
baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna
merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak
relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan
seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno Goncalves
menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang berinteraksi namun
kendala biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara stabil.
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter memiliki
tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti menggunakan
layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya
sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai
menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang mengikuti
pemutakhiran topik hangat (trend
updates) terus-menerus. SuperNews! juga mengatakan bahwa Twitter sebagai
kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih dari “teriakan ke kegelapan berharap
seseorang mendengarkan”.
Scott A. Golder dan Michael W. Macy menganalisis lebih
dari 500.000 update oleh 2,4 juta pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun.
Data dibagi menjadi kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Temuan
menunjukkan Twitter menegaskan pola seharian.
Alessio Signorini menggunakan data menciak pengguna
Twitter untuk mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat. Marcel
Salathé dan Shashank Khandelwal melacak bagaimana pola pikir pengguna Twitter
berkorelasi dengan tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan
negatif atau positif mempengaruhi pengguna lain.
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon