FACEBOOK adalah sebuah layanan
jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan
dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih
dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon
genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah
itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan
ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau
perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka
ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo
Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs
web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke
perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini
secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum
dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports
bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun
Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan
layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari
2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak
digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment
Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan
komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat
ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous
sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki
138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media
Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun
Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah
wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada
pada Mei 2011
Nama layanan ini berasal dari nama
buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa
pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu
mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia
minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
SEJARAH
Mark Zuckerberg menciptakan
Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard
sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini
mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook
(buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada
satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Untuk menyelesaikannya,
Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan
menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki
"buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa.
Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama
mengudara
Situs ini langsung diteruskan ke
beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh
administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus,
melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan.
Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini
pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi
ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs
webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka
situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan
Pada semester berikutnya,
Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia
terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang
insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The
Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini
diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya
Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia
membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com,
sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan.
Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai
sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap
Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi
kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari
setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin
(pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan
Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan
situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia,
dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas
Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di
Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada
musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada
Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook
memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima
investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.
Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah
facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Facebook meluncurkan versi
sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai
tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan
undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan
keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc.
dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap
orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft
mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta,
sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft
ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.
Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat
internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan
bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah
bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay
secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google
dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran
umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke Facebook
meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google
pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret 2011,
dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap
hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan
pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook
mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun
Microsystems di Menlo Park, California.
Statistik DoubleClick
memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan
Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.
Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak
dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang
dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak
diakses kedua di Amerika Serikat.
Pada bulan Maret 2012, Facebook
meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang
terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone,
Android. Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1
($1 tahun 2013) miliar.
Pada awal Mei 2012, Facebook
mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan
sosial.
Facebook, Inc. mengadakan
penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per
lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum
baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22%
saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan
menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham
mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas
harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume
perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and
Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa
perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada
seluruh pemegang saham.
PERUSAHAAN
Sebagian besar pendapatan
Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook
untuk melayani iklan spanduk, dan
Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft.
Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook
memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft,
namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun
2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi
pengguna. Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang
kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan
cara "apa yang dibeli teman".
Facebook umumnya memiliki tingkat
klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar
lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook
jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase
kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya,
pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8%
dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian), sementara
pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400
klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer
Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka
memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan
cenderung menurun dalam dua minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace,
jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih
rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik
Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara
teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan
iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan.
Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya,
sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan
teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.
Di halaman merek dan produk,
sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman
Dinding. Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008
bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih
tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena
Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke
situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40%
pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara
rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video spanduk.
Facebook memiliki lebih dari
1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark
Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky
Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter
Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2%
masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari
0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti
masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam
D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark
Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya
dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D'Angelo,
kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008.
Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia
tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November 2010, Facebook
mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau
Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm
Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta,
sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal
sepanjang sejarah.
SITUS WEB
Pengguna dapat membuat profil
dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi
pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain
melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat
dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu
disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di
antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan tentang
privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih
siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs
web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan
spanduk. Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar
dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang
dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui
pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
Media sering memperbandingkan
Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs
tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya adalah persyaratan
Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka, dan langkah
tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi
profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara
Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah fitur yang
dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di
setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan
kepada pengguna tersebut; Colek, yang
memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain
(pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang memungkinkan
pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan
mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat
melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli 2007,
Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda
dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan
fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang
ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi
seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal
ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur
tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik
perhatian ke profil atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed memunculkan
ketidakpuasan di antara pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh
karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak perlu,
sementara pengguna lain menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak
aktivitas seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan
dengan pengguna lain).
Sebagai respon, Zuckerberg
mengirimkan permintaan maafnya atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur
privasi yang dapat diatur sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol
terhadap jenis-jenis informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis
kepada teman. Sekarang pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat
pembaruan aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan
teman yang baru ditambahkan.
Tanggal 23 Februari 2010,
Facebook diberikan paten terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini
mencakup News Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat
berpartisipasi dalam aktivitas yang sama seperti pengguna lain. Paten ini
mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar
patennya, seperti Twitter.
Salah satu aplikasi paling
populer di Facebook adalah Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan
foto. Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak
terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr
yang membatasi jumlah foto yang dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun
pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album.
Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto per album.
Pengaturan privasi dapat diatur
untuk album individu yang membatasi kelompok pengguna yang dapat melihatnya.
Misalnya, privasi suatu album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman
pengguna yang bisa melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga
semua pengguna Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah
kemampuannya untuk "tag", atau menandai pengguna di sebuah foto.
Misalnya, jika sebauh foto berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat
menandai temannya di foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan
kepada teman yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto
tersebut.
Facebook Notes diperkenalkan
pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman
gambar. Pengguna dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan
layanan blog lain. Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan
instan berbasis Comet bernama "Chat" ke sejumlah profil, yang
mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar
pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada
8 Februari 2007 yang memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada
temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00
dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007,
Facebook meluncurkan Marketplace, yang memungkinkan pengguna mengirimkan iklan
pendek gratis. Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET,
yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang
dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada
di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang
dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook
meluncurkan "Facebook Beta", yaitu desain ulang antarmuka penggunanya
pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah
menjadi tab, dan mereka berusaha untuk membuatnya terlihat lebih
"sederhana".Setelah awalnya memberi pengguna pilihan untuk pindah,
Facebook mulai memindahkan semua pengguna ke versi halaman baru pada September
2008. Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses
pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook
memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman dapat
ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti
http://www.facebook.com/facebook
dibandingkan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728
.
Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web
atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk iPhone OS,
Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan aplikasi
Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna aktif
mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di
60 negara.
Tanggal 15 November 2010,
Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media
hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang
dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, namun itu bukan surel."
Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman
ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail".
Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut,
menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan
meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki
"Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam
pengembangannya.
PENERIMAAN
Menurut comScore, Facebook
adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan
mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada April 2008. ComScore melaporkan
bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah peningkatan
sebesar 8,6 juta orang. Menurut Alexa, peringkat Facebook di antara seluruh
situs web menurut lalu lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006
hingga September 2007, dan saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia. Quantcast
dan Compete.com menempatkan Facebook pada peringkat ke-2 menurut lalu lintas di
AS. Situs web ini adalah yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan
total 50 milyar unggahan foto. Tahun 2010, Sophos "Security Threat Report
2010" melakukan pemungutan suara dari 500 firma, 60% di antaranya
mengatakan bahwa mereka percaya Facebook adalah jaringan sosial yang memiliki
ancaman keamanan terbesar dibandingkan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.
Facebook adalah salah satu situs
jaringan sosial paling populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris,
termasuk Kanada, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Pada pasar Internet
regional, penetrasi Facebook tertinggi ada di Amerika Utara (69%), diikuti
Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin (58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik
(17%).
Situs ini telah memenangkan
berbagai penghargaan seperti "Top 100 Classic Websites" oleh PC
Magazine tahun 2007, dan "People's Voice Award" dari Webby Awards
tahun 2008. Dalam studi tahun 2006 yang
dilakukan Student Monitor, sebuah perusahaan riset pasar mahasiswa perguruna
tinggi yang berbasis di New Jersey, Facebook disebut sebagai hal yang paling
populer kedua di antara para sarjana, sejajar dengan bir dan kurang populer
dibandingkan iPod yang menempati peringkat pertama.
Bulan Maret 2010, Hakim Richard
Seeborg mengeluarkan perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam kasus Lane
v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang muncul karena program
Facebook Beacon.
Tahun 2010, Facebook memenangkan
"Best Overall Startup or Product" dari Crunchie untuk ketiga kalinya
secara berturut-turut dan diakui sebagai salah satu "Perusahaan Silicon
Valley Terbaik" oleh Lead411. Tetapi, menurut survei bulan Juli 2010 oleh American
Customer Satisfaction Index, Facebook mendapatkan skor 64 dari 100 dan
menempatkannya di bawah dari seluruh perusahaan swasta menurut kepuasan
pelanggan, bersama industri-industri seperti sistem berkas elektronik IRS, maskapai
penerbangan dan perusahaan kabel. Alasan Facebook mendapat skor rendah yaitu masalah
privasi, sering berubahnya antarmuka situs, hasil yang diberikan News Feed, dan
spam.
Bulan Desember 2008, Mahkamah
Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan aturan bahwa Facebook merupakan protokol
yang sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan kepada terdakwa. Ini merupakan
pengadilan hukum pertama di dunia yang menetapkan bahwa panggilan pengadilan
yang dikirimkan melalui Facebook adalah ikatan hukum. Bulan Maret 2008, hakim
pembantu Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David Glendall mengizinkan pelayanan
berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan Axe Market Garden dilakukan melalui
Facebook. Perusahaan (seperti Virgin
Atlantic Airways) juga menggunakan Facebook dengan maksud agar tetap terhubung
dengan karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman mereka.
Pada 2005, pemakaian Facebook sudah
sangat meluas sehingga kata kerja facebooking mulai digunakan untuk
menjelaskan proses pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri
sendiri. Bulan 2008, Collins English Dictionary mengumumkan
"Facebook" sebagai Kata Tahun Ini. Bulan Desember 2008, New Oxford American
Dictionary mengumumkan kata tahun ini adalah kata kerja "unfriend"
yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai 'teman' di sebuah
situs jaringan sosial seperti Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my
roommate on Facebook after we had a fight.'"
Pada April 2010, menurut The
New York Times, negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak adalah
Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia. Indonesia telah menjadi negara
dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika
Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia. Pada
awal 2010, Openbook didirikan, sebuah situs web parodi (dan advokasi pribadi)
yang memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang
tersedia bagi "Semua orang" di Internet.
Penulis The Wall Street
Journal menemukan pada 2010 bahwa aplikasi Facebook mengirimkan informasi
identifikasi kepada "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan
Internet". Aplikasi tersebut menggunakan referer HTTP yang memaparkan
identitas pengguna dan teman-temannya. Facebook mengatakan, "Kami telah
melakukan tindakan untuk mematikan semua aplikasi yang melanggar peraturan
kami".
KRITIK
Facebook telah menghadapi
berbagai kontroversi. Situs ini telah diblokir di beberapa negara termasuk Republik
Rakyat Cina, Vietnam, Iran, Uzbekistan, Pakistan, Suriah, dan Bangladesh atas
alasan yang berbeda-beda. Misalnya karena anti-Islam dan konten diskriminasi
agama yang diizinkan oleh Facebook, situs ini dilarang di banyak negara di
dunia. Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa perkantoran untuk
mencegah karyawan membuang-buang waktu. Privasi pengguna Facebook juga
dipermasalahkan dan keamanan akun pengguna telah ditembus beberapa kali.
Facebook berhasil menyelesaikan tuntutan hukum mengenai klaim kode sumber dan
properti intelektual.
DAMPAK
POLITIK
Peran Facebook pada proses
politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New
Hampshire, ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College bekerjasama
untuk mengizinkan pengguna memberi umpan balik langsung mengenai debat antara
Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari. Charles Gibson menjadi
moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm
College. Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur
berdasarkan topik tertentu, mendaftar untuk memilih, dan mengirim pertanyaan.
Lebih dari 1.000.000 orang
menginstal aplikasi 'US politics' di Facebook agar dapat berpartisipasi, dan
aplikasi ini mengukur respon pengguna terhadap komentar tertentu yang
dilontarkan oleh kandidat debat. Debat ini menunjukkan kepada komunitas
masyarakat tentang apa yang telah dialami remaja saat ini: Facebook adalah cara
baru yang sangat populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat.
Artikel yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana
"efek Facebook" telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung
kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.
Pada Februari 2008, sebuah grup
Facebook bernama "One Million Voices Against FARC" mengadakan acara
yang dihadiri ratusan ribu penduduk Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata
Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa
Spanyol). Bulan Agustus 2010, salah satu
situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.
Tahun 2010, seorang direktur
kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk meneliti sifilis,
mempertautkan dan menyalahkan kenaikan kasus sipilis di sejumlah wilayah
Britania kepada Facebook. Laporan penelitian ini dikecam oleh Facebook karena
"mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon