Jumat, 28 Juni 2013

Permintaan semen di dalam negeri masih tinggi

bongkar muat semen.
PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) menilai, permintaan semen di pasar domestik, terutama di wilayah Sumatera Selatan yang selama ini menjadi fokus distribusi semen perseroan, masih memiliki prospek yang baik untuk semakin berkembang.

Direktur Utama SMBR, Pamudjo Raharjo mengatakan, dengan tingginya permintaan semen, perseroan menargetkan laba bersih tahun ini bisa mencapai Rp 341 miliar. Jauh di atas realisasi 2012 yang mencapai Rp 299 miliar.

"Sejalan dengan laba tentunya tahun ini, pendapatan kami targetkan mencapai Rp1,3 triliun dengan volume penjualan mencapai 1,5 juta ton semen per tahun," ujarnya saat konferensi pers SMBR di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (28/6).

Tingginya permintaan mendorong perseroan berencana membangun pabrik ketiganya. Kapasitasnya kurang lebih sama dengan Baturaja 2 (Pabrik kedua). Namun, diusahakan di atas 1,85 juta ton semen per tahun.

"Permintaan semen di Sumatera sepanjang tahun lalu, mencapai 12 juta ton, naik 9 persen dari permintaan pada 2011 yang mencapai 11 juta ton," jelas dia.

Wilayah Sumetara Selatan sendiri merupakan pasar utama perseroan. Tahun lalu, kebutuhan semen di Sumatera Selatan mencapai 4,77 juta. Tahun ini diperkirakan melonjak mencapai 5,1 juta ton.

Perseroan akan melakukan efisiensi pemakaian energi untuk menekan biaya produksi. Hal ini dilakukan menyikapi naiknya biaya produksi setelah kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Antisipasi ini dilakukan perseroan sejak satu tahun terakhir. Salah satu caranya adalah dengan modernisasi alat yang lebih sedikit menggunakan tenaga listrik.

"Kami akan efisiensi di pemakaian listrik dan batu bara karena porsinya ke biaya produksi itu yang terbesar sampai 30 persen," ungkapnya.

Disinggung mengenai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), diakuinya tidak terlalu membebani biaya produksi. "Pemakaian BBM di industri semen SMBR tidaklah besar, hanya saat proses distribusi semen dari pabrik kepada masyarakat," tambah dia.

Kendati demikian, perseroan juga belum memutuskan menaikkan harga jual semen. Namun, perseroal terus melakukan kajian untuk melihat dampak kenaikan terlebih dahulu. "Kami lihat pasarnya dulu dan akan kami hitung dampaknya," tutupnya.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon