Jumat, 28 Juni 2013

ITB terbakar, kerugian ditaksir capai Rp 100 juta

Kebakaran .
Gedung Teknik Industri (TI) Labtek 3, kampus ITB, di Jalan Ganeca, Bandung, Jawa Barat ludes terbakar, Jumat (28/6) malam. Ada 10 ruang dosen seluas 350 m2 dilalap api. Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 100 juta.

"Kalau dari sisi materiil memang tidak terlalu besar. Di situ ada 10 komputer dan arsip hasil penelitian para dosen," kata Rektor ITB Akhmaloka, kepada wartawan, Sabtu (29/6).

Bagian yang terbakar menurutnya berada di lantai dua. Barang-barang yang ada tidak bisa diselamatkan lantaran api diduga berasal dari korsleting listrik terlalu cepat merembet.

"Saat ini memang masih dalam penelitian, tapi diduga memang berasal dari koneksi listrik. Yang kena adalah ruang dosen. Ruang kuliah tidak," jelasnya.

Dia berharap arsip penting yang ada, para dosen memiliki back up data pribadi, pasalnya arsip di ruangan tersebut ludes terbakar. "Karena itu ruang dosen ada data-data. Saya harapkan dosennya punya data di laptop masing-masing," terangnya.

Aktivitas mahasiswa sendiri, kata dia, tidak banyak terganggu. Pasalnya hanya bagian kecil gedung saja yang terbakar. "Aktivitas perkuliahan tidak terganggu. Karena itu satu ruangan kecil 350 m2," ucapnya.

Menurut Wakil Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Bandung Totoy Yuhasma api yang semula berkobar sekitar pukul 23.45 WIB merambat cepat, sehingga tak cukup lama melumat barang yang ada di dalamnya. "Jadi kita datang sudah ludes," terangnya.

Dia menambahkan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB Sabtu (29/6) dini hari tadi. Pihaknya mengerahkan 9 unit mobil pemadam dibantu 2 mobil rescue.
 

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon