Rabu, 26 Juni 2013

Telkomsel gelar uji jaringan jelang Ramadan dan Lebaran

Telkomsel uji jaringan jelang Ramadhan dan Lebaran.
Untuk memastikan kesiapan jaringan dalam melayani lonjakan trafik komunikasi seluler yang diprediksi akan mengalami kenaikan cukup signifikan selama bulan Ramadan dan Lebaran, Telkomsel melakukan uji jaringan di jalur mudik.

Uji jaringan yang juga dikenal dengan nama network drive test ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Telkomsel Siaga dengan tema 'Unbreakable Connection'.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan kegiatan uji jaringan ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service.
"Momen Ramadan hingga Lebaran merupakan saat yang penting bagi para pelanggan, untuk itu kami akan memastikan kenyamanan para pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data," tuturnya di sela-sela acara Drive Test Telkomsel, Kamis (27/6). 

Seperti halnya tahun lalu, Telkomsel memperkirakan adanya lonjakan trafik di beberapa daerah yang disebabkan oleh perpindahan pelanggan saat mudik dari suatu kawasan ke tujuan mudik.

Rata-rata lonjakan untuk semua layanan selama Ramadan dan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 20-50 persen dibandingkan dengan hari biasa. Hal tersebut telah diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa telah disediakan kelonggaran sebesar 22-43 persen sesuai perkiraan kebutuhan setiap kawasan, seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 22 persen, Jawa Tengah 43 persen, dan Jawa Timur 26 persen.

"Mengacu pada data dan tren kenaikan trafik komunikasi, tim kami melakukan identifikasi tempat-tempat yang akan menjadi tujuan aktivitas pelanggan selama periode Ramadhan, arus mudik, lebaran, dan arus balik," tuturnya.

Khusus di tempat-tempat tersebut, tambahnya, kapasitas akan dimaksimalkan dengan aktivasi seluruh fitur dan berbagai pengembangan untuk peningkatan kapasitas juga dilakukan.

Telkomsel menyiapkan tambahan mobil BTS COMBAT (Compact Base Station) sebanyak 50 unit untuk ditempatkan di titik-titik strategis seperti di tempat wisata.

Di samping upaya penambahan kapasitas yang sifatnya periodik, sepanjang tahun ini Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station),di seluruh Indonesia.

Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 7.500 BTS telah on-air sehingga total angka BTS yang dimiliki oleh Telkomsel hingga akhir Juni 2013 mencapai 62.000 BTS. Kenyamanan pelanggan dalam mengakses data juga didukung oleh 21.000 node B (BTS 3G) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 37,7 Gbps (Giga bit per second).

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon