Jumat, 28 Juni 2013

Masak pakai minyak zaitun sama dengan buang-buang uang?

Ilustrasi minyak zaitun.
Selama ini, minyak zaitun sering disebut memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh. Namun ternyata memasak dengan minyak zaitun sama dengan buang-buang uang, demikian menurut penelitian terbaru. Bagaimana bisa?

Ternyata, peneliti dari University of Porto di Portugal menyebutkan bahwa minyak zaitun yang dipanaskan bisa hilang khasiatnya. Sehingga memasak dengan minyak zaitun tidak akan mendapatkan keuntungan apapun.

Minyak zaitun memang mengandung banyak antioksidan dibandingkan dengan jenis minyak lain. Minyak tersebut juga memiliki komponen bioaktif yang ampuh menangkal kanker dan penyakit lainnya. Namun jika dipanaskan, kualitas nutrisi dalam minyak zaitun justru malah menghilang.

"Segala jenis cara memasak yang menggunakan minyak zaitun, baik itu menggoreng, merebus, atau memanggang dalam microwave, bisa menurunkan nutrisi di dalamnya," tulis peneliti dalam jurnal Food Research International.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, peneliti pun menyarankan agar meskipun Anda memasak dengan minyak zaitun, pastikan suhunya tidak terlalu tinggi. Atau, cara lainnya adalah dengan memberi minyak sedikit demi sedikit selama proses memasak sehingga kondisinya tidak terlalu panas.

"Kalau dimasak dengan suhu tinggi, minyak zaitun sama saja dengan minyak sayur. Anda malah buang-buang uang karena harga minyak zaitun cenderung lebih mahal," tandas peneliti.

Cara lain menikmati minyak zaitun adalah dengan menyiramkannya pada salad. Sebab tanpa proses apapun, nutrisi minyak zaitun tetap terjaga dan memberi manfaat maksimal pada tubuh.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon