Saat
ini, hampir semua calon konsumen menanyakan, “Ada websitenya nggak?” apabila
ditawari sebuah produk, jasa atau pilihan berbisnis. Karena itulah, kini,
keberadaan sebuah Toko Online / internet marketing system menjadi hal penting
dalam menjalankan business, baik berjualan barang maupun jasa.
Masalah
apa saja sih yang ditemui bila memiliki Toko Online / online shop? Siapa
sebetulnya yang menjadi target customer? Apakah intenational atau tetap
nasional? Satu hal lagi yang harus dipikirkan adalah masalah pembayaran,
pemesanan, pengepakan dan pengiriman.
Berikut
adalah hasil masukan dari banyak orang yang sukses berjualan lewat internet,
maupun sukses pula menjadi konsumen Toko Online;
Umumnya
masalah yang ditemu bagi konsumen atau calon customer dari Indonesia adalah
berkaitan dengan kepercayaan.
Calon
customer masih banyak yang susah percaya dengan sistem penjualan online, (takut
tertipu, misalnya sudah melakukan pembayaran namun tidak ada pengantaran
barang).
Cara
paling mudah untuk mencegah hal ini adalah dengan mencantumkan alamat dan no
telepon di website atau di signature email karena ini menjadi bukti bahwa
penjualan ini tidak main-main atau bohongan, sekaligus memberikan kepercayaan
pada calon customer bahwa penjual “mudah dicari”.
Ini
sesuai pula dengan masukan banyak yang berkecimpung di dunia wirausaha yang
melihat performance sebuah online shop berdasarkan history penjualan selama
ini, misalnya di Ebay dimana customer bisa melihat sudah berapa banyak
penjualan yang berhasil dilakukan.
Ketidakpercayaan
ini juga bisa timbul karena calon customer tidak bisa melihat langsung contoh
barang yang dijual. Karena itu, sebaiknya ada pula keterangan mengenai Info
Barang.
Perlu adanya info tentang barang yang jelas dan cukup detil karena calon customer tidak bisa langsung memegang dan melihat (langsung) barang yang ingin dibeli. Foto produk adalah hal yang sangat penting, termasuk juga apabila barang ybs multifungsi. Sebaiknya menyediakan berbagai tampilan foto yang memperlihatkan masing-masing fungsinya.
Perlu adanya info tentang barang yang jelas dan cukup detil karena calon customer tidak bisa langsung memegang dan melihat (langsung) barang yang ingin dibeli. Foto produk adalah hal yang sangat penting, termasuk juga apabila barang ybs multifungsi. Sebaiknya menyediakan berbagai tampilan foto yang memperlihatkan masing-masing fungsinya.
Detail
lain misalnya menyediakan:
o
Pilihan warna
(dengan foto)
o
Info ukuran
o
Info bahan
o
Info perawatan
o
Info pengecekan
jumlah barang yang tersedia sebaiknya langsung tersedia info ini (bukan
menghubungi kembali), karena ini akan mempengaruhi keinginan customer untuk
membeli (berkaitan dengan total berat barang yang yang akan dibeli dan
perbandingannya dengan ongkos pengiriman).
Harga yang kompetitif
Customer
online biasanya akan lebih mudah membandingkan dengan harga-harga jual di toko
online lainnya ataupun toko biasa.
Untuk Pengiriman
TIKI
termasuk salah satu jasa pengiriman yang direkomendasikan karena calon customer
bisa mengecek sendiri lewat www.tiki.co.id untuk melihat harga kirim sesuai
wilayah dan berat.
Pengiriman
yang murah dan cepat biasanya menjadi masukan juga untuk si calon customer.
Beban biaya pengiriman akan lumayan terasa berat jika barangnya sendiri kecil
secara ukuran atau murah secara nominal harga.
Akan
lebih baik jika ada penawaran beberapa jenis kiriman, biasa atau ekspress.
Ada pula pengiriman barang yang tidak memperhatikan
dimensi dan berat total barang.
Alternatif
lain:
Membuat
jasa kurir sendiri (khusus) untuk melayani pengiriman (untuk pengiriman lokal,
misalnya Jakarta saja) dimana jasa kurir ini juga bisa bekerja sama dengan
kurir lain untuk pengiriman luar kota.
Untuk
pembayaran pun bisa ada beberapa alternatif:
Umumnya akan lebih mudah bagi customer apabila ada beberapa pilihan pembayaran misalnya: transfer bank setelah barang diterima, pembayaran didepan atau kartu kredit.
Umumnya akan lebih mudah bagi customer apabila ada beberapa pilihan pembayaran misalnya: transfer bank setelah barang diterima, pembayaran didepan atau kartu kredit.
Untuk
COD, sebaiknya hal ini dipilih apabila menggunakan jasa kurir pribadi, terutama
untuk customer baru (yang baru pertama kali membeli atau memakai jasa) dimana
umumnya mereka lebih merasa aman dengan COD).
Akan
jadi nilai plus apabila sang kurir bisa menerangkan pada customer tentang cara
pemakaian barang tersebut.
Pengemasan
Tergantung
apa barang apa yang jual. Biasanya
kalau dekat, cukup dengan plastik.
namun untuk luar kota tetap ahrus ada pengemasan yang lebih secure apalagi jika barangnya dapat rusak atau pecah. Tips lain untuk yang mempunyai Toko Online:
namun untuk luar kota tetap ahrus ada pengemasan yang lebih secure apalagi jika barangnya dapat rusak atau pecah. Tips lain untuk yang mempunyai Toko Online:
Customer Service
Harus
siap di hubungi oleh customer kapan saja, karena e-commerce tergolong baru di
Indonesia, jadi jika barang belum diterima, customer sering was-was dan terus
menerus menghubungi penjual, intinya customer service yang cepat menanggapi
pertanyaan maupun keluhan.
Pilih
tempat web hosting yang reliable dan supportnya mudah di hubungi.
Adanya keterangan update pemesanan sampai pengiriman.
Misalnya:
o
Pemberitahuan
setelah form pesanan diterima.
o
Pemberitahuan
setelah pembayaran diterima.
o
Pemberitahuan
mengenai waktu pengiriman dan perkiraan tiba di tempat pembeli.
Insentif
untuk pengunjung atau customer.
Misalnya
untuk customer yang 'aktif' di website tsb, ex: tersedia potongan harga senilai
Rp. X untuk pengunjung yang mengisi kuesioner.
Intinya,
seperti masukan seorang anggota milis Dunia Wirausaha yaitu Toko Online yang
“bagus” adalah yang bagus secara sistem aplikasi juga sistem pelayannya.
Karena
itu pemilik juga harus memperhatikan sumber pendanaan per bulannya – untuk
hosting dan domain misalnya. Jika belum mendapatkan pendapatan dari web, harus
menyediakan cadangan dana.
Karena
itu mengkomersialisasikan web Toko Online juga bisa menjadi perhatian khusus.
Contoh, lewat pemasangan iklan banner. Dimana, pengiklan banner biasanya mau
memasang iklan apabila web tersebut ramai pengunjungnya. Untuk melihat hal ini
sediakan juga tool untuk memeriksa traffic kunjungan, dan cara-cara internet
marketing yang baik (tidak melakukan spam).
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon