Anda
mungkin sudah berangan-angan memiliki usaha sendiri. Berbagai hal sudah
dipersiapkan secara seksama. Sebelum memulai bisnis Anda, ada beberapa hal yang
pelu Anda lakukan terlebih dahulu. Ketika anda terjun ke dunia bisnis, Anda
perlu menjelaskan jenis bisnis yang akan anda geluti. Anda diharapkan untuk
dapat menjelaskan secara general bisnis yang anda jalankan terutama jika Anda
berencana untuk membawa bisnis anda untuk hal-hal yang berkaitan dengan lembaga
di luar perusahan anda seperti pihak bank atau investor.
Apakah
anda berkecimpung dalam bisnis jasa, produsen, pengecer, atau jenis bisnis
lainnya, apapun jenis bisnisnya, Anda harus melakukan analisis Industri, serta
mendeskripsikan hal-hal berikut ini :
o
Pihak mana saja yang berperanserta
ataupun berkecimpung dalam bisnis tersebut
o
Pola distribusi usaha yang akan Anda geluti
o
Pesaing dan pemetaan konsumen
Analisis
Industri
Dalam
dunia bisnis, berbagai aspek perekonomian yang terjadi diluar bisnis Anda akan
mempengaruhi usaha Anda. Semakin banyak Anda mengetahui seluk beluk dunia
bisnis / industri, Anda semakin siap menjalankan dan memastikan lancarnya usaha
Anda.
Sebuah rencana bisnis yang lengkap membahas faktor-faktor ekonomi bisnis secara umum, siapa saja yang menjadi pemain bisnis, pola distribusi, faktor-faktor dalam kompetisi tersebut, dan apa pun yang memberikan gambaran bisnis ini kepada pihak luar.
Internet memiliki dampak yang besar terhadap tersedianya informasi bisnis. Setelah ledakan informasi dan pertumbuhan yang sangat pesat pada era Internet dimulai pada 1990-an dan berlanjut di abad ke-21, mencari informasi adalah hal yang mudah. Dengan akses internet, hampir semua informasi yang Anda perlukan untuk rencana bisnis sudah tersedia secara lengkap, ada situs web untuk analisis bisnis, statistik keuangan, demografi, asosiasi perdagangan, dsb.
Sebuah rencana bisnis yang lengkap membahas faktor-faktor ekonomi bisnis secara umum, siapa saja yang menjadi pemain bisnis, pola distribusi, faktor-faktor dalam kompetisi tersebut, dan apa pun yang memberikan gambaran bisnis ini kepada pihak luar.
Internet memiliki dampak yang besar terhadap tersedianya informasi bisnis. Setelah ledakan informasi dan pertumbuhan yang sangat pesat pada era Internet dimulai pada 1990-an dan berlanjut di abad ke-21, mencari informasi adalah hal yang mudah. Dengan akses internet, hampir semua informasi yang Anda perlukan untuk rencana bisnis sudah tersedia secara lengkap, ada situs web untuk analisis bisnis, statistik keuangan, demografi, asosiasi perdagangan, dsb.
Pemain Dalam Bisnis
Dalam
dunia bisnis, Anda harus mengetahui pihak mana saja yang bergerak dalam bidang
yang sama dengan Anda. Ada perbedaan yang sangat besar, misalnya, antara bisnis
/industri besar yang kemungkinan hanya terdiri dari beberapa orang pemain saja
dengan bisnis /industri kecil yang terdiri dari banyak pemain atau pengusaha.
Kejelasan informasi ini memunculkan perbedaan besar antara bisnis dan rencana bisnis. Misalnya saja, bisnis makanan cepat saji, terdiri dari beberapa brand besar, mereka turut ambil bagian dalam ribuan outlet terkenal, dan sebagian besar merupakan bisnis waralaba. Para ekonom berbicara konsolidasi dalam suatu industri, pada saat pemain pemula cenderung menghilang dan beberapa pemain besar muncul. Dalam akuntansi, misalnya, ada beberapa perusahaan internasional yang besar yang namanya terkenal dan puluhan ribu perusahaan-perusahaan kecil. Dalam fabrikasi komputer, misalnya, ada beberapa perusahaan internasional besar yang cukup terkenal, dan ada juga ribuan perusahaan kecil.
Kejelasan informasi ini memunculkan perbedaan besar antara bisnis dan rencana bisnis. Misalnya saja, bisnis makanan cepat saji, terdiri dari beberapa brand besar, mereka turut ambil bagian dalam ribuan outlet terkenal, dan sebagian besar merupakan bisnis waralaba. Para ekonom berbicara konsolidasi dalam suatu industri, pada saat pemain pemula cenderung menghilang dan beberapa pemain besar muncul. Dalam akuntansi, misalnya, ada beberapa perusahaan internasional yang besar yang namanya terkenal dan puluhan ribu perusahaan-perusahaan kecil. Dalam fabrikasi komputer, misalnya, ada beberapa perusahaan internasional besar yang cukup terkenal, dan ada juga ribuan perusahaan kecil.
Pola Distribusi
Ada
banyak strategi untuk sebuah produk ataupun jasa untuk dapat sampai pada
pemasok ataupun pengguna. Jelaskan bagaimana sistem pendistribusian pada usaha
Anda. Apakah usaha anda merupakan bisnis di mana penjualan produk didukung oleh
distributor daerah, seperti halnya untuk produk komputer, majalah, atau suku
cadang mobil? Apakah industri Anda bergantung pada penjualan langsung kepada
pelanggan industri besar?
Beberapa
produk umumnya dijual melalui toko-toko eceran kepada konsumen, dan
kadang-kadang didistribusikan oleh perusahaan distribusi yang membeli dari
produsen. Dalam kasus lain, produk yang dijual langsung dari produsen ke
toko-toko. Beberapa produk yang dijual langsung dari produsen ke konsumen akhir
melalui promosi, iklan nasional, atau sarana promosi lainnya.
Dalam
banyak kategori produk ada beberapa alternatif dan pilihan pendistribusian yang
umum dilakukan. Ensiklopedia dan vacuum cleaner secara tradisional dijual dari
pintu ke pintu, tetapi juga dijual di toko-toko dan langsung dari produsen ke
konsumen melalui iklan radio dan televisi.
Beberapa
produk didistribusikan melalui penjualan langsung dari produsen ke produsen
lain secara langsung, dan dalam kontrak jangka panjang seperti yang antara
produsen mobil dan pemasok suku cadang, bahan, dan komponen. Di beberapa
industri perusahaan menggunakan perwakilan atau agen.
Teknologi
dapat mengubah pola distribusi dalam suatu kategori industri atau produk.
Internet, misalnya mengubah pilihan untuk distribusi perangkat lunak, buku,
musik, dan produk lainnya.
Pola
distribusi mungkin tidak penting untuk perusahaan layanan, seperti restoran,
seniman grafis, atau arsitek. Untuk beberapa layanan, distribusi mungkin masih
relevan. Sebuah layanan telepon atau penyedia jasa layanan internet, pola
distribusi mungkin menggambarkan distribusi yang berkaitan dengan infrastruktur
fisik.
Pesaing dan pemetaan konsumen
Hal
ini penting untuk memahami sifat persaingan di pasar Anda. Hal ini masih
merupakan gambaran umum suatu jenis usaha. Jelaskan sifat umum dari persaingan
dalam bisnis ini, dan bagaimana pelanggan tampaknya memilih salah satu operator
dibandingkan dengan yang lain.
Apa kunci sukses? Faktor-faktor apa yan mendukung peningkatan pembelian ? memanfaatkan perbedaan harga? Fitur produk? Layanan? Dukungan? Pelatihan? Software? Ketepatan pengiriman? Apakah nama merek penting?
Apa kunci sukses? Faktor-faktor apa yan mendukung peningkatan pembelian ? memanfaatkan perbedaan harga? Fitur produk? Layanan? Dukungan? Pelatihan? Software? Ketepatan pengiriman? Apakah nama merek penting?
Dalam
bisnis komputer, misalnya, persaingan mungkin bergantung pada reputasi dan tren
pasar, sedangkan pemain yang lain menggunakan kekuatan distribusi dan
periklanan.
Dalam bisnis restoran, misalnya, persaingan mungkin bergantung pada reputasi dan tren restora yang ia kelola, sedangkan pemain lain mengutamakan lokasi dan fasilitas parkir yang mudah untuk menarik pelanggan.
Dalam bisnis restoran, misalnya, persaingan mungkin bergantung pada reputasi dan tren restora yang ia kelola, sedangkan pemain lain mengutamakan lokasi dan fasilitas parkir yang mudah untuk menarik pelanggan.
Dalam
penyedia layanan jasa seperti dokter, pengacara dsb, penggunaan iklan tidak
efektif, lebih cenderung mengandalkan cerita dari mulut-ke mulut ata kualitas
layanan yang diberikan. Apakah ada kompetisi harga antara akuntan, dokter, dan
pengacara? Bagaimana orang memilih agen perjalanan atau pedagang bunga untuk
pernikahan? Mengapa memilih Starbucks bukan warung kopi yang lainSemua ini
adalah sifat persaingan.
Pesaing Utama
Lakukan
analisis mendetail mengenai pesaing utama Anda. Buat daftar siapa saja pesaing
utama Anda. Apa kekuatan dan kelemahan masing-masing? Pertimbangkan mereka
produk, harga, reputasi, manajemen, posisi keuangan, saluran distribusi, merek,
pengembangan bisnis, teknologi, atau faktor lain yang Anda rasa penting. Dalam
bidang apa segmen pasar yang geluti? Apa yang tampaknya menjadi strategi bisnis
mereka? Berapa besar dampaknya bagi produk Anda, dan apa ancaman dan peluang
yang mereka peroleh?
Setelah
Anda berhasil menjabarkan Analisis bisnis untuk usaha anda, diharapkan anda
lebih siap untuk mulai menjalankan bisnis Anda.
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon