Selasa, 18 Juni 2013

Kekhawatiran Bibi pada Rouhani

Benjamin Netanyahu. ©REUTERS

Ketakutan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu soal tidak adanya perubahan signifikan pasca pemilihan umum presiden Iran nampaknya menjadi kenyataan.

Berjumpa dengan awak media di Ibu Kota Warsawa, Polandia, Bibi panggilan akrab Netanyahu mengatakan sangat yakin siapapun memimpin Negeri Mullah tidak akan begitu saja mengubah kebijakan pengayaan uranium.

Didamping Perdana Menteri Polandia Donald Tusk, Bibi mendesak dunia internasional jangan lengah, "Pemilu di negara itu sayangnya tidak mengubah apapun," ujarnya seperti dilansir Al Arabiya (13/6).

Kekhawatiran Bibi tidak bisa disembunyikan. Namun banyak pihak menyuruhnya untuk tetap tenang, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama. Ini lantaran presiden baru terpilih Iran Hassan Rouhani memberikan tanda bakal kerjasama dengan barat soal nuklir memicu perdebatan beberapa tahun belakangan.

Rouhani menyebutkan bentuk kesepakatan itu harus berdasarkan keterbukaan dan kepercayaan. "Intinya adalah untuk lebih aktif bernegosiasi dengan lima negara Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) plus Jerman. Program nuklir tak bisa diatasi tanpa negosiasi," kata Rouhani dilansir Al Arabiya (18/6).

Bibi boleh ketar ketir lantaran saat diumumkan terpilih Rouhani langsung memberikan keterangan pers dan bilang sanksi Amerika Serikat serta Uni Eropa soal nuklir Iran sangat tidak adil. Ulama moderat itu juga bilang akan lebih terbuka pada internasional soal aktivitas Iran dan program nuklirnya, kalimat inilah membuat Bibi bereaksi.

Namun internasional memilih untuk memberikan kesempatan pada Rouhani agar bisa memperbaiki citra Iran dan demi itu Israel memelototkan mata ke Negeri Mullah.

Sumber :
http://www.merdeka.com/dunia/kekhawatiran-bibi-pada-rouhani.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon