Senin, 17 Juni 2013

Fulus selangit kubur elite


Puluhan lelaki berbaju koko putih keluar beriringan dari dalam gang di Jalan Rawajati I, Pancoran, Kalibata, Jakarta Selatan. Di belakang mereka tiga perempuan berpakaian serba hitam mengiringi membawa bunga dalam keranjang. Rombongan ini berjalan pelan seraya melantunkan doa.

Di tengah kerumunan itu, seorang pria menatap kosong sambil menggendong jenazah bocah lima tahun dibalut kain batik. Iringan ini menuju pemakaman sekitar 800 meter dari kediaman orang tua mendiang bocah itu.

Dia akan dimakamkan di tempat pemakaman umum belakang Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Penggali kubur telah siap menunggu sejak pagi. Tangisan dan iringan doa mengantarkan anak itu menuju tempat peristirahatan terakhir.

Pekuburan ini begitu sesak, batu nisan antar makam hanya selang sejengkal. Keterbatasan lahan membuat orang meninggal seolah berebut liang lahat. Bahkan ada yang sampai susun tiga.

Tarifnya pun terbilang mahal. Sekali membeli kubur harus merogoh Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Ini beljum ditambah biaya perawatan makam saban tahun.

Harga segitu baru kuburan biasa. Kalau pemakaman elite macam San Diego Hills Momorial Garden dan Al-Azhar Memorial Garden di Karawang, Jawa Barat, bisa berpuluh kali lipat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kiai Amidhan berharap pekuburan luks juga menyediakan jatah bagi warga biasa. Dia meminta pemerintah juga bertanggung jawab menyediakan lokasi pemakaman umum berharga terjangkau. "Jangan sampai ada orang tidak kuat bayar pemakaman dan dibuang ke laut," katanya Jumat pekan lalu saat dihubungi merdeka.com melalui telepon selulernya.
 
Sumber :
http://www.merdeka.com/khas/fulus-selangit-kubur-elite-bisnis-liang-lahat-2.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon