Selasa, 25 Juni 2013

Musim panas ini, matahari keluarkan kilatan cahaya

Ilustrasi badai matahari.
Musim panas di bumi belahan utara saat ini mungkin akan menjadi sangat menarik. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas kilatan cahaya dari matahari.

Seperti yang dilansir oleh LA Times (22/6), saat ini matahari sedang sibuk dengan berbagai erupsi di permukaannya. Erupsi ini pun menghasilkan jutaan kilatan cahaya dan menerbangkan miliaran ton material matahari ke angkasa.

Untungnya, kilatan cahaya ini masih masuk dalam kategori M2. Sehingga, bisa dibilang ini bukanlah kilatan tingkat tinggi yang tentunya bisa memicu bahaya di bumi.

Menurut NASA dan European Space Agency, matahari sendiri akan mengirimkan banyak material CME ke luar angkasa hingga 1,3 ribu mil per detik. Sehingga, bisa saja koneksi telepon atau sambungan internet di bumi bisa terkena dampak gangguan dari CME ini.

Meski begitu, tak perlu khawatir akan hal ini. CME yang dikeluarkan matahari kebanyakan tak akan menuju ke bumi dengan kecepatan super.

Matahari sendiri akhir-akhir ini memang sering menunjukkan status teraktifnya. Dalam sebelas tahun siklusnya, dipercayai akhir 2013 ini merupakan aktivitas paling besar dari bola gas raksasa tersebut.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon