Kamis, 19 September 2013

Kemampuan bahasa Inggris Jokowi diuji di forum internasional

Jokowi buka Meeting Gubernur ASEAN.
Menjadi Gubernur DKI dan terkenal membuat Joko Widodo ( Jokowi ) banyak bertemu dengan tamu-tamu asing di berbagai kesempatan. Salah satunya di forum gubernur dan wali kota se-Asia Tenggara dalam Meeting of Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN, yang digelar di Hotel JW Mariott, Jakarta.

Jokowi memanfaatkan acara itu untuk bergaul dengan para delegasi dan gubernur dari ASEAN. Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para delegasi dengan bahasa Inggris yang sudah tertuang dalam teks. Bahasa Inggris yang digunakan pun kental dengan logat Jawa.

Namun ada yang menarik, selepas penandatangan deklarasi para gubernur tersebut, seorang wartawan lokal mengajukan pertanyaan ke Jokowi dalam bahasa Inggris. Pertanyaan tersebut tentang poin dalam forum ini.

Tak diduga, Jokowi malah mengalihkan pertanyaan itu untuk dijawab oleh Dirjen Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri, I Gusti Agus Wesaka Puja. Agus yang didaulat Jokowi menjawab dengan bahasa Inggris yang patah-patah. Dia lantas meminta izin untuk menggunakan bahasa Indonesia.

Hal serupa juga terjadi saat menjawab pertanyaan kedua. Muka Jokowi tampak tegang dan membuka-buka kertas-kertas yang ada di depannya. Tak jelas mengapa Jokowi enggan menjawab pertanyaan tersebut.

Kesempatan menggunakan bahasa Inggris kembali hadir saat dirinya disambangi Pangeran Andrew dari Inggris. Jokowi mengaku saat itu bicara langsung dengan Pangeran Andrew.

"Iya langsung ngobrol. Pakai bahasa Inggris masa pakai bahasa Jawa," katanya sambil tertawa di depan Hotel JW Mariott, Jakarta, Kamis (19/9).

Dari pembicaraan tersebut, Jokowi mengaku bisa menilai bagaimana sosok sang pangeran Inggris itu. "Orangnya sangat ramah dan blak-blakan. Jadi kita bicara lebih enak," pungkasnya senang.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon