Sabtu, 17 Agustus 2013

298 Napi di Sumut dibebaskan di hari kemerdekaan

Napi koruptor.
Sebanyak 298 di antara 11.474 narapidana (napi) penghuni Lapas dan Rutan di Sumut langsung bebas hari ini karena mendapatkan remisi umum Hari Kemerdekaan, Sabtu (17/8). Selain itu, 6.482 orang lainnya juga mendapatkan pengurangan hukuman.

"Yang mendapatkan remisi umum RU 1 artinya remisi sebagian dari pidananya ada 6.482. Kemudian RU 2 sebanyak 298. Nah RU 2 inilah yang bertepatan dengan 17 Agustus tahun ini bebas setelah mendapat remisi," jelas Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sumatera Utara, Amran Silalahi.

Kemenkum HAM Sumut juga mengusulkan remisi untuk napi yang perkaranya terkait dengan PP 28/2006 dan PP 99/2010. Total yang diusulkan berjumlah 2.974 napi dengan rincian 2905 napi perkara narkotika, 29 napi perkara korupsi, 3 napi perkara terorisme dan 10 untuk perkara kejahatan transnasional. "Untuk yang diusulkan mendapatkan RU 2 atau bebas terkait PP ini berjumlah 7 orang," jelas Amran.

Dia memaparkan, remisi umum HUT Kemerdekaan RI diberikan kepada seluruh napi yang berhak tanpa melihat latar belakangan agama. "Sepanjang napi bersangkutan memenuhi syarat dan berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman di Lapas akan diberikan remisi 17 Agustus," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Amran juga memaparkan perkembangan terkini kasus kerusuhan di Lapas Tj Gusta. "Dari 212 orang yang melarikan diri terdapat 104 orang yang tertangkap Polri dan menyerahkan diri. Artinya masih ada 98 orang yang melarikan diri," pungkasnya.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon